Home / Berita / Technopark PT Len Industri Dibangun

Technopark PT Len Industri Dibangun

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengingatkan setiap BUMN untuk tidak berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus saling menunjang. Sinergi antar-BUMN perlu ditingkatkan agar BUMN nasional makin kuat, berkembang, dan dapat bersaing di kancah global.

“Sinergi antar-BUMN harus lebih ditekankan agar dapat mengembangkan sayap bisnis. BUMN harus berpikir besar untuk melakukan hal-hal yang besar bagi bangsa ini. BUMN dapat menjadi mesin penggerak, bahkan melakukan terobosan inovasi bagi dunia,” kata Rini M Soemarno pada acara Syukuran Hari Ulang Tahun PT Len Industri (Persero) ke-24, Jumat (9/10), di Kota Bandung, Jawa Barat.

Pada kesempatan yang sama, Rini meresmikan fasilitas perakitan pertama PT Len Industri di Len Technopark, di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Len Technopark merupakan fasilitas produksi terbaru PT Len Industri yang diproyeksikan sebagai tempat wisata teknologi. Untuk tahap pertama, Len Technopark akan fokus pada pengerjaan proyek dalam bisnis elektronika pertahanan, yakni proyek rudal startreak.

seminar-tik-indosat-171214-presentasi-pt-len-ir-darman-mappangala-16-638Direncanakan, dalam Len Technopark akan dibangun fasilitas pertahanan, industri radar pertahanan, pabrik sel surya, dan pabrik modul/panel surya untuk menghasilkan energi dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik. Tahun ini, PT Len sedang mengerjakan proyek pembuatan peralatan komunikasi militer Manpack Radio Alkom sebanyak 700 buah untuk TNI. Manpack merupakan desain dan produksi dalam negeri.

Direktur Utama PT Len Industri Abraham Mose mengatakan, pihaknya dari segi sumber daya manusia siap terlibat dalam proyek kereta cepat, khususnya pada bidang kontrol sistem dan persinyalan. “Kami sudah memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang itu. Kami sudah mengembangkan sistem kontrol ataupun sistem persinyalan, antara lain untuk kereta api reguler di 100 stasiun,” katanya.

Abraham berharap PT Len memperoleh dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk terobosan investasi agar pendapatan dan laba tumbuh. Tanpa PNM, PT Len pada akhir 2019 dapat mencapai pertumbuhan pendapatan Rp 8 triliun. Dengan PMN, pendapatan dapat mencapai Rp 10 triliun. (SEM)
——————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 10 Oktober 2015, di halaman 18 dengan judul “Technopark PT Len Industri Dibangun”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: