Home / Berita / Teknologi Informasi Jalan Sukses Berwirausaha

Teknologi Informasi Jalan Sukses Berwirausaha

Dunia maya yang memberikan pilihan beragam media sosial dimanfaatkan anak-anak muda Indonesia untuk mengembangkan kewirausahaan. Pengusaha muda yang terdiri dari mahasiswa, baru lulus kuliah, ataupun mantan karyawan ini mampu melebarkan sayap bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

”Saya mengunggah foto-foto mural ke internet, ternyata banyak yang menyukai. Jadilah sekarang seni mural yang biasanya di jalanan digunakan untuk interior bank, restoran, dan berbagai tempat lain,” kata Richard Rich (22), alumnus Universitas Indonesia tahun 2013 dan pendiri Indonesia Mural, yang keluar sebagai satu dari 10 pemenang Shell LiveWIRE Business Start-Up Award (BSA) 2013, di Jakarta, Kamis (5/12).

Ibnu Hari Wibowo, pendiri MiniQu Pizza, mengatakan, penjualan pizza yang berbahan baku tepung mokaf maupun campuran ini semakin berkembang sejak dikenal masyarakat lewat internet. Sampai saat ini, pizza yang awalnya dititipkan di kantin sekolah itu dikenal luas karena memiliki 40 franchise di berbagai kota di Indonesia.

Program BSA di Indonesia sejak 2003 yang merupakan program Shell Internasional tersebut memiliki semangat untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan anak muda Indonesia berusia 18-32 tahun. Sebanyak 10 pemenang dari 15 finalis mendapatkan uang untuk pengembangan usaha masing-masing Rp 25 juta serta pelatihan dan bimbingan bisnis.

Aris Yunanto, salah seorang dewan juri BSA 2013 yang juga Kepala Inkubator Bisnis Universitas Indonesia, mengatakan, menjadi wirausaha kini bukan lagi pilihan karena sulit mencari pekerjaan. Banyak pendaftar yang ternyata sudah mapan di pekerjaannya justru meninggalkan pekerjaan untuk memulai bisnis sendiri. (ELN)

Sumber: Kompas, 6 Desember 2013

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Hujan Menandai Kemarau Basah akibat Menguatnya La Nina

Hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya belum menjadi penanda berakhirnya kemarau atau datangnya musim ...

%d blogger menyukai ini: