Sekolah Berkolaborasi Perluas Sumber Belajar

- Editor

Selasa, 2 Januari 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sekolah bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Namun, sekolah dapat mendorong terwujudnya ekosistem pendidikan dengan menggalang kolaborasi dan sinergi untuk memanfaatkan beragam sumber belajar yang tersedia bagi optimalnya potensi belajar siswa.

Linda Herlina, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Kota Sukabumi, Jawa Barat, yang dihubungi dari Jakarta, Senin (1/1), mengatakan, dalam pendidikan seni budaya, kolaborasi terbuka lebar. Di luar sekolah, ada beragam fasilitas seni budaya milik pemerintah daerah hingga masyarakat, termasuk para seniman lokal.

“Guru tidak boleh lagi merasa yang paling tahu semua hal terkait bidangnya. Apalagi dengan semangat penguatan pendidikan karakter atau PPK yang harus diterapkan sekolah, kolaborasi sekolah, lingkungan, dan keluarga harus berjalan,” kata Linda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Linda mencontohkan, penguatan seni budaya juga menjadi komitmen sekolah, selain untuk menyalurkan potensi dan bakat siswa, juga untuk pembentukan karakter. “Sekolah kami punya ekstrakurikuler seni budaya yang menggandeng seniman lokal sebagai pelatih. Tiap tahun ada gelar seni yang menjadi ajang bagi siswa untuk menampilkan kreasi mereka dalam seni budaya di sekolah,” kata Linda, guru seni budaya SMAN 1 Kota Sukabumi.

Sekolah pun menggandeng seniman lokal untuk ikut mengajar siswa. Para seniman lebih piawai dalam melatih siswa untuk terampil menguasai beragam aktivitas seni.

Secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, sekolah saat ini harus mulai mengembangkan kurikulum. Artinya, sekolah harus mampu mengoptimalkan sumber belajar, baik di sekolah maupun lingkungan, untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang mendukung layanan pendidikan bermutu.

“Paradigma harus diubah bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar. Namun, lingkungan sekolah, mulai dari orang, lembaga, hingga aktivitas di sekitar sekolah, juga harus dilirik sebagai sumber belajar, termasuk perkembangan teknologi digital dapat memperkuat sumber belajar di sekolah,” ujar Muhadjir.

Menurut Muhadjir, dengan memanfaatkan beragam sumber belajar di sekitar, sekolah dapat melirik kecerdasan, kearifan, dan keunggulan lokal. “Implementasi PPK antara lain juga untuk mendorong sekolah mengidentifikasi sumber belajar. Sekolah mesti mengetahui aktivitas siswa di luar sekolah,” kata Muhadjir.

Dalam gerakan literasi nasional, termasuk gerakan literasi sekolah, misalnya, kolaborasi dan sumber daya dibutuhkan. Penguatan gerakan literasi anak-anak sekolah butuh dukungan yang holistik dan kolaboratif. Selain ketersediaan beragam bacaan yang bermutu, penguatan literasi juga memerlukan guru-guru yang cakap mengembangkan kemampuan membaca siswa.

Dukungan bagi penguatan literasi siswa Indonesia salah satunya diberikan Google.org lewat pemberian hibah kepada gerakan masyarakat di bidang pendidikan dan literasi, yakni Inibudi, Room to Read, dan Taman Bacaan Pelangi, pada akhir tahun lalu. Bantuan tersebut untuk meningkatkan kemampuan membaca 200.000 anak usia sekolah di seluruh Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Bantuan itu juga akan digunakan untuk membangun platform digital yang mempermudah akses ke cerita anak dalam bahasa Indonesia. (ELN)

Sumber: Kompas, 2 Januari 2018

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Madura di Mata Guru Besar UTM Profesor Khoirul Rosyadi, Perubahan Sosial Lunturkan Kebudayaan Taretan Dibi’
Meneladani Prof. Dr. Bambang Hariyadi, Guru Besar UTM, Asal Pamekasan, dalam Memperjuangkan Pendidikan
UII Tambah Jumlah Profesor Bidang Ilmu Hukum
3 Ilmuwan Menang Nobel Kimia 2023 Berkat Penemuan Titik Kuantum
Profil Claudia Goldin, Sang Peraih Nobel Ekonomi 2023
Tiga Ilmuwan Penemu Quantum Dots Raih Nobel Kimia 2023
Penghargaan Nobel Fisika: Para Peneliti Pionir, di antaranya Dua Orang Perancis, Dianugerahi Penghargaan Tahun 2023
Dua Penemu Vaksin mRNA Raih Nobel Kedokteran 2023
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 21 November 2023 - 07:52 WIB

Madura di Mata Guru Besar UTM Profesor Khoirul Rosyadi, Perubahan Sosial Lunturkan Kebudayaan Taretan Dibi’

Senin, 13 November 2023 - 13:59 WIB

Meneladani Prof. Dr. Bambang Hariyadi, Guru Besar UTM, Asal Pamekasan, dalam Memperjuangkan Pendidikan

Senin, 13 November 2023 - 13:46 WIB

UII Tambah Jumlah Profesor Bidang Ilmu Hukum

Senin, 13 November 2023 - 13:42 WIB

3 Ilmuwan Menang Nobel Kimia 2023 Berkat Penemuan Titik Kuantum

Senin, 13 November 2023 - 13:37 WIB

Profil Claudia Goldin, Sang Peraih Nobel Ekonomi 2023

Senin, 13 November 2023 - 05:01 WIB

Penghargaan Nobel Fisika: Para Peneliti Pionir, di antaranya Dua Orang Perancis, Dianugerahi Penghargaan Tahun 2023

Senin, 13 November 2023 - 04:52 WIB

Dua Penemu Vaksin mRNA Raih Nobel Kedokteran 2023

Senin, 13 November 2023 - 04:42 WIB

Teliti Dinamika Elektron, Trio Ilmuwan Menang Hadiah Nobel Fisika

Berita Terbaru

Berita

UII Tambah Jumlah Profesor Bidang Ilmu Hukum

Senin, 13 Nov 2023 - 13:46 WIB

Berita

Profil Claudia Goldin, Sang Peraih Nobel Ekonomi 2023

Senin, 13 Nov 2023 - 13:37 WIB