Sekolah Berkolaborasi Perluas Sumber Belajar

- Editor

Selasa, 2 Januari 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sekolah bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Namun, sekolah dapat mendorong terwujudnya ekosistem pendidikan dengan menggalang kolaborasi dan sinergi untuk memanfaatkan beragam sumber belajar yang tersedia bagi optimalnya potensi belajar siswa.

Linda Herlina, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Kota Sukabumi, Jawa Barat, yang dihubungi dari Jakarta, Senin (1/1), mengatakan, dalam pendidikan seni budaya, kolaborasi terbuka lebar. Di luar sekolah, ada beragam fasilitas seni budaya milik pemerintah daerah hingga masyarakat, termasuk para seniman lokal.

“Guru tidak boleh lagi merasa yang paling tahu semua hal terkait bidangnya. Apalagi dengan semangat penguatan pendidikan karakter atau PPK yang harus diterapkan sekolah, kolaborasi sekolah, lingkungan, dan keluarga harus berjalan,” kata Linda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Linda mencontohkan, penguatan seni budaya juga menjadi komitmen sekolah, selain untuk menyalurkan potensi dan bakat siswa, juga untuk pembentukan karakter. “Sekolah kami punya ekstrakurikuler seni budaya yang menggandeng seniman lokal sebagai pelatih. Tiap tahun ada gelar seni yang menjadi ajang bagi siswa untuk menampilkan kreasi mereka dalam seni budaya di sekolah,” kata Linda, guru seni budaya SMAN 1 Kota Sukabumi.

Sekolah pun menggandeng seniman lokal untuk ikut mengajar siswa. Para seniman lebih piawai dalam melatih siswa untuk terampil menguasai beragam aktivitas seni.

Secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, sekolah saat ini harus mulai mengembangkan kurikulum. Artinya, sekolah harus mampu mengoptimalkan sumber belajar, baik di sekolah maupun lingkungan, untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang mendukung layanan pendidikan bermutu.

“Paradigma harus diubah bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar. Namun, lingkungan sekolah, mulai dari orang, lembaga, hingga aktivitas di sekitar sekolah, juga harus dilirik sebagai sumber belajar, termasuk perkembangan teknologi digital dapat memperkuat sumber belajar di sekolah,” ujar Muhadjir.

Menurut Muhadjir, dengan memanfaatkan beragam sumber belajar di sekitar, sekolah dapat melirik kecerdasan, kearifan, dan keunggulan lokal. “Implementasi PPK antara lain juga untuk mendorong sekolah mengidentifikasi sumber belajar. Sekolah mesti mengetahui aktivitas siswa di luar sekolah,” kata Muhadjir.

Dalam gerakan literasi nasional, termasuk gerakan literasi sekolah, misalnya, kolaborasi dan sumber daya dibutuhkan. Penguatan gerakan literasi anak-anak sekolah butuh dukungan yang holistik dan kolaboratif. Selain ketersediaan beragam bacaan yang bermutu, penguatan literasi juga memerlukan guru-guru yang cakap mengembangkan kemampuan membaca siswa.

Dukungan bagi penguatan literasi siswa Indonesia salah satunya diberikan Google.org lewat pemberian hibah kepada gerakan masyarakat di bidang pendidikan dan literasi, yakni Inibudi, Room to Read, dan Taman Bacaan Pelangi, pada akhir tahun lalu. Bantuan tersebut untuk meningkatkan kemampuan membaca 200.000 anak usia sekolah di seluruh Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Bantuan itu juga akan digunakan untuk membangun platform digital yang mempermudah akses ke cerita anak dalam bahasa Indonesia. (ELN)

Sumber: Kompas, 2 Januari 2018

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 0 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB