Home / Berita / Perkenalkan Fitur Tebakan, Pengunjung 17 Live Melonjak

Perkenalkan Fitur Tebakan, Pengunjung 17 Live Melonjak

Lama dikenal sebagai penyelenggara layanan video yang disiarkan langsung atau live streaming, 17 Live sejak sebulan memperkenalkan layanan baru kuis dengan nama 17Q.

Strategi tersebut dianggap efektif karena sebulan terakhir bisa mendongkrak jumlah pengunjung hingga 600 persen di samping menawarkan hadiah hingga Rp 4 juta untuk setiap kali sesi kuis.

Cara kerja 17Q adalah penonton bergabung ke kanal khusus kuis di halaman muka layanan 17 Live.

Pemandu kanal segera membacakan pertanyaan untuk kemudian dijawab secara langsung hingga 12 pertanyaan untuk setiap sesi.

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO–Seorang pengguna tengah menjawab kuis yang dihadirkan oleh layanan 17Q yang bisa dihadirkan oleh penyedia 17 Live, Senin (5/2). Layanan baru ini berhasil menaikkan jumlah penonton ke layanan tersebut hingga 600 persen dari angka normal.

Cara kerja 17Q adalah penonton bergabung ke kanal khusus kuis di halaman muka layanan 17 Live.

Begitu salah menjawab, penonton kehilangan kesempatan untuk menjawab soal berikutnya, kecuali menggunakan fitur nyawa tambahan yang bisa diperoleh dengan cara seperti memakai kode referal.

Hadir pada hari Senin hingga Jumat, kuis ini digelar setiap pukul 12.30 dan 21.00 dengan hadiah Rp 4 juta.

Apabila tidak ada pemenang pada sesi tersebut, hadiah akan ditumpuk ke sesi selanjutnya. Salah satu pemenang kuis ini adalah Stanley Kustandi yang mendapatkan Rp 20 juta.

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO–Stanley Kustandi adalah seorang pengguna 17Q yang berhasil mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta dengan menjawab pertanyaan yang dihadirkan oleh layanan 17Q, Senin (5/2). Memperkenalkan fitur kuis, layanan video siaran langsung 17 Live berharap bisa menjadi sumber hiburan bagi penggunanya.

”Kami belum berencana untuk memonetisasi layanan baru ini, tapi memang ada model bisnis lainnya. Prioritas utama saat ini adalah menyebarkan permainan kuis ini agar mendapatkan pengguna sebanyak mungkin,” kata President Growth Management M17 Entertainment Colin Hodge di Jakarta, Senin (5/2).

Kehadiran layanan kuis ini tidak menjadikan fokus perusahaan itu beralih dari layanan live streaming. Menurut Hodge, layanan-layanan baru akan terus diuji coba untuk bisa ditambahkan ke layanan yang sudah ada.

Pertanyaan yang diajukan dalam setiap sesi kuis meliputi beragam topik pengetahuan umum, mulai dari kebudayaan populer hingga spesifik seperti olahraga.

Hodge menginginkan layanan ini bisa diterima oleh pengguna dari semua usia meski mengakui tantangan utama adalah menyensor kata yang tidak pantas.

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO–Colin Hodge, President Growth Management M17 Entertainment; Stanley Kustandi, pemenang kuis 17Q; dan Edho Zell, pembuat konten video di Youtube (dari kiri ke kanan) dalam perkenalan layanan kuis 17Q di Jakarta, Senin (5/2). Baru sebulan sejak dirilis, layanan 17Q mendapatkan respons positif dari pengguna, terlihat dari lonjakan penonton hingga 600 persen.

”Kami punya kebijakan ketat mengenai konten yang tidak pantas. Mengandalkan fasilitas pemantauan bernama SkyEye yang berlokasi di Taiwan dan Indonesia, kami memastikan agar konten yang tampil di layar ponsel pengguna bisa mematuhi regulasi ataupun kebudayaan setempat,” kata Hodge.

Andryan Gouw, Country Manager Indonesia 17 Media, menjelaskan, visi layanan 17 Live adalah titik temu yang menggabungkan seluruh layanan di aplikasi siaran langsung. ”Kami ingin menjadi layanan one stop entertainment,” katanya.–DIDIT PUTRA

Sumber: Kompas, 5 Februari 2018

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: