Penilaian dengan Pilihan Ganda: Petaka Penguasaan Pengetahuan

- Editor

Rabu, 29 November 2000

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Para peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Depok, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) per 2 Juli 2020 pukul 14.00, total peserta UTBK-SBMPTN mencapai 703.875 peserta. Jumlah ini terdiri dari 579.069 peserta tes gelombang I dan 124.806 peserta tes gelombang II. Proses ujian dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan yang ketat. Gelombang pertama UTBK berlangsung 5-14 Juli 2020, sedangkan gelombang kedua pada 20-29 Juli 2020. Sementara itu, pengumuman seleksi akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2020.

Kompas/Hendra A Setyawan
6-7-2020

Para peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Depok, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) per 2 Juli 2020 pukul 14.00, total peserta UTBK-SBMPTN mencapai 703.875 peserta. Jumlah ini terdiri dari 579.069 peserta tes gelombang I dan 124.806 peserta tes gelombang II. Proses ujian dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan yang ketat. Gelombang pertama UTBK berlangsung 5-14 Juli 2020, sedangkan gelombang kedua pada 20-29 Juli 2020. Sementara itu, pengumuman seleksi akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2020. Kompas/Hendra A Setyawan 6-7-2020

DI tingkat persiapan bersama (TPB) IPB program studi Statistika (STK) dan Ilmu Komputer (KOM) serta tingkat persiapan STT Telkom diberikan prakalkulus menjembatani pengetahuan mahasiswa yang baru saja lulus dari SMU dengan mata kuliah dasar matematika yang disyaratkan di perguruan tinggi sains dan teknologi.

Isi silabus pada dasarnya adalah mengenai logika matematika, sekuens dan deret termasuk kemahiran menggunakan operasi sigma dan pi serta induksi matematika, polinom, kombinatorik, ketaksamaan, dan aljabar matriks. Di IPB mata kuliah ini bersifat wajib sedangkan di STT Telkom bersifat pilihan.

Sebenarnya bahan ini dibahas dalam buku paket Matematika SMU jilid I dan II yang saya susun bersama almarhum Krisnamurti Hasibuan, Totong Martono, dan Bambang Sumantri. Namun, buku itu tidak dipakai karena buku penerbit swasta dianggap lebih mudah mengajarkannya dan tidak banyak memuat butir pelajaran ini yang di Inggris dan negara satelit budayanya seperti Hongkong, dan Kanada, adalah bahan wajib bagi kelas ke-13.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mengikuti kelas ini adalah syarat mutlak agar siswa dapat lulus SMU pada peringkat lanjut atau A-level sehingga memenuhi syarat masuk PT. Itu pula sebabnya kita di Indonesia lebih sulit menyiapkan peserta ke Olimpiade Matematika Internasional daripada negara-negara tetangga kita Malaysia dan Singapura, apalagi Hongkong dan Vietnam.

Baru saja mahasiswa mengikuti Ujian Tengah Semester. Untuk prakalkulus ini saya susun baterai uji yang sama. Baterai itu terdiri atas lima soal ujian. Tiga soal pertama adalah tentang logika dasar, sedangkan soal keempat dan kelima mencakup sekuens dan deret serta induksi matematika yang terkait dengan pembuktian keteraturan-keteraturan sekuens dan deret itu.

Apabila tiga soal pertama diselesaikan dengan baik, maka yang diperoleh adalah masing-masing 10, 10, dan 15, dengan jumlah 35. Ketiga soal ini dapat dikerjakan menggunakan metode penyelesaian dasar, yaitu tabel kebenaran. Namun, kalau mahasiswa menggunakan cara ini, akan banyak waktu terbuang sehingga terjadi kekurangan waktu untuk menyelesaikan soal keempat dan kelima. Ini adalah usaha agar sebaran skor berpuncak ganda.

Penyelesaian akan lebih cepat lagi melalui pengenalan mana yang adalah teorema-teorema de Morgan, teorema silogisme, dan teorema eksportasi, serta mana pula yang dapat disederhanakan menggunakan 15 teorema dasar lainnya yang pembuktiannya harus dilakukan menggunakan daftar kebenaran. Karena itu, ketiga soal ini dapat digunakan mengukur mana saja kelompok mahasiswa yang telah menguasai bahan pelajaran pada tingkat pengenalan (kognisi), pemahaman serta penerapan. Median perolehan skor dari N=57 mahasiswa di Dayeuhkolot ternyata tepat sama dengan skor yang harus dikumpulkan dari ketiga soal pertama, yaitu Q(2)=35. Empat belas orang di antaranya mencapai skor di bawah kuartal pertama, yaitu Q(1)=21.75.

Soal keempat bernilai 30, 10 untuk penerapan pemakaian sekuens sisa untuk menemukan suku umum deret aritmatika ordo ke-k, 10 lagi untuk pemanfaatan teorema-teorema yang sudah diketahui pada pernbuktian suatu teorema baru, dan 15 untuk keberhasilan menggunakan induksi matematika membuktikan suatu teorema. Soal kelima bernilai 35 dan berkisar pendemonstrasian kemahiran menggunakan operator sigma termasuk penggeseran batas-batas penjumlahan. Kuartal ketiga ialah Q(3)=46.75 dan ada 13 mahasiswa skornya di dalam selang 36-47.5 dan tergolong mulai menguasai pengetahuan pada tingkat analisis.

Yang skornya di antara Q(3)=46.75 dan skor maksimum Q(4)=88 ada 14 orang, sedangkan dari 14 orang ini jika dipilah lanjut ada enam orang yang skornya di antara 46.75-65. Yang agaknya mampu memahami induksi matematika dan pergeseran batas penjumlahan, pada operasi sigma sehingga dapat dianggap ada pada tahap penguasaan analisis dan sintesis dan agaknya juga pada tahap evaluasi hanya ada delapan dari 57 mahasiswa. Ternyata mereka yang mencapai penguasaan tahap tertinggi ini menyelesaikan ketiga soal pertama dengan mengenali dan memanfaatkan teorema-teorema yang sudah ada serta menguasai penggunaan induksi matematika.

Kertas ujian STK dan KOM masih ada dalam tahap pemeriksaan, namun dari hasil di Dayeuhkolot dapat diamati bahwa sembilan mahasiswa yang skornya di dalam selang 0-6 menjawab hanya dengan melingkari bukir-butir pernyataan yang harus dinilai, tanpa menyebutkan alasannya! Tepat seperti menjawab ujian pilihan berganda (UPB). Hanya ada delapan mahasiswa yang menjawab pembuktian menggunakan induksi matematika. Itu dapat berarti bahwa saya ini bukan pemberi kuliah yang mudah dipahami. Namun, mungkin juga alasannya lain.

Induksi matematika mungkin dianggap mahasiswa tidak akan ditanyakan dalam ujian karena disangka ujian dilakukan menggunakan UPB, dan dengan cara ini tidak mungkin muncul soal praktik induksi matematika. Karena itu, perusahaan bimbingan tes tidak pernah menggarapnya dan guru tidak juga menyentuh induksi matematika dan mahasiswa akhirnya juga malas menyentuhnya. Seperti halnya juga terjadi dengan penghitungan akar-akar suatu persamaan kuadrat. Rumus “minus b plus-minus akar diskriminan dibagi 2a” tidak digunakan lagi. Cukup memeriksa mana dari empat calon jawab yang tersedia membuat fungsi kuadrat itu bernilai nol.

Akibatnya mahasiswa masuk ke PT kebanyakan dengan tingkat penguasaan pengetahuan sampai tingkat pengenalan dan pemahaman saja dan menjadi salah satu penyebab PT kita kehilangan peringkat internasional. Saya mengimbau pihak yang merasa bertanggung jawab akan kemajuan bangsa ini agar mengganti cara menilai perilaku masuk akademik mahasiswa baru dengan suatu cara yang mampu menilai tahap penguasaan pengetahuan sampai yang tertinggi. Demikian pula diimbau untuk memberikan otonomi kepada dosen-dosen kelas paralel menyusun baterai ujinya sendiri sehingga baterai uji dapat disusun atas soal-soal dengan tingkat pengukuran penguasaan pengetahuan yang berbeda. Hal ini pun akan memudahkan pemilahan mahasiswa menjadi mahasiswa kelompok A, B, C, D, dan E.

Guru pendidikan dasar dan menengah mengetahui bahwa cara memilih mahasiswa baru adalah dengan UPB. Karena itu, muncul anggapan bahwa sistem itu juga yang terbaik menilai para siswa sejak dari TK sehingga akhirnya kita hanya menjadi penghafal-cepat pengetahuan yang sudah diketahui dan tidak pernah dilatih menemukan pengetahuan baru yang belum diketahui.

Andi Hakim Nasoetion, guru besar matematika di IPB Bogor, Jawa Barat.

Sumber: Kompas, Rabu, 29 November 2000 halaman 5

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Menghapus Joki Scopus
Kubah Masjid dari Ferosemen
Paradigma Baru Pengendalian Hama Terpadu
Misteri “Java Man”
Empat Tahap Transformasi
Carlo Rubbia, Raja Pemecah Atom
Gelar Sarjana
Gelombang Radio
Berita ini 1 kali dibaca

Informasi terkait

Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:08 WIB

Menghapus Joki Scopus

Senin, 15 Mei 2023 - 11:28 WIB

Kubah Masjid dari Ferosemen

Jumat, 2 Desember 2022 - 15:13 WIB

Paradigma Baru Pengendalian Hama Terpadu

Jumat, 2 Desember 2022 - 14:59 WIB

Misteri “Java Man”

Kamis, 19 Mei 2022 - 23:15 WIB

Empat Tahap Transformasi

Kamis, 19 Mei 2022 - 23:13 WIB

Carlo Rubbia, Raja Pemecah Atom

Rabu, 23 Maret 2022 - 08:48 WIB

Gelar Sarjana

Minggu, 13 Maret 2022 - 17:24 WIB

Gelombang Radio

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB