Home / Berita / Lady Gaga Menginspirasi Nama Serangga

Lady Gaga Menginspirasi Nama Serangga

Seorang mahasiswa pascasarjana dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Brendan Morris, baru-baru ini menemukan serangga baru, yang kemudian diberi nama Lady Gaga.

Seorang mahasiswa pascasarjana dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Brendan Morris, baru-baru ini menemukan serangga baru. Ia pun terinspirasi menamakannya berdasarkan nama Lady Gaga, diva pop dengan gaya flamboyan kelahiran Amerika Serikat.

Morris adalah seorang kandidat doktor bidang entomologi atau ilmu pengetahuan tentang serangga. Ia menemukan serangga wereng betina dengan genus baru ketika memeriksa 1.000 serangga wereng di Carnegie Museum of Natural History, Pittsburgh, untuk penelitian. Morris menamakan serangga itu Kaikaia gaga.

”Jika akan ada serangga bernama Lady Gaga, itu adalah serangga wereng. Mereka memiliki tanduk luar biasa dan selera mode yang edan tentang mereka. Mereka tidak seperti apa pun yang pernah anda lihat sebelumnya,” ujar Morris kepada The Illinois News Bureau.

Hampir 1.000 serangga yang diteliti Morris berasal dari hutan tropis sekitar pesisir Samudra Pasifik, Nikaragua, hampir 30 tahun lalu. Kaikaia gaga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari serangga lainnya. Kaikaia gaga memiliki tanduk pada toraks atau belakang kepala seperti spesimen lainnya, tetapi wajah dan bulu-bulu kakinya berbeda.

Lady Gaga sendiri terkenal sebagai musisi berbakat dalam genre pop, dance, dan elektronik. Dalam dunia mode, penampilan Gaga juga kerap mencuri perhatian dan menjadi bahan perbincangan. Peraih 11 penghargaan Grammy Awards ini pernah memakai gaun dari daging mentah, bola plastik, dan boneka Kermit the Frog.

Pelantun ”Born This Way” ini juga terkenal atas penampilan glamor di atas karpet merah. Gaga, yang aktif menyuarakan kesetaraan bagi kaum minoritas, pernah berganti baju hingga empat baju di atas karpet merah acara Met Gala 2019.

Adapun Gaga bukanlah musisi pertama yang menjadi inspirasi nama hewan. Bulan lalu, seekor krustasea atau binatang air mendapatkan namanya, Macrostylis metallicola, dari grup musik Metallica. Selain itu, seekor udang bernama Synalpheus pinkfloydi mendapatkan namanya dari grup musik Pink Floyd pada 2017. (BILLBOARD)

Oleh ELSA EMIRIA LEBA

Editor: MARIA SUSY BERINDRA

Sumber: Kompas, 11 Maret 2020

Share
x

Check Also

Hati-hati Mengonsumsi Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C dan vitamin E banyak disebut dalam upaya menangkal Covid-19. Meski mampu meningkatkan kekebalan ...