Home / Berita / Kekuatan Instagram

Kekuatan Instagram

Anda mungkin agak kaget ketika sejak awal tahun ini rekan Anda atau kenalan Anda bergabung dengan media sosial Instagram. Mereka ramai-ramai membuat akun media sosial yang dibeli Facebook pada 2012 itu. Tidak ada yang aneh. Kini era Instagram unjuk kekuatan, termasuk untuk kepentingan bisnis.

Tidak salah jika sejak beberapa pekan lalu, berbagai media internasional, mulai dari The Wall Street Journal, Financial Times, hingga The Guardian, membahas fenomena Instagram. Salah satu yang dibahas adalah munculnya selebritas Instagram, mulai dari tokoh yang selama ini sudah dikenal hingga orang biasa-biasa yang tinggal di pelosok bumi ini.

Media sosial memiliki kisah dan kegunaaannya sendiri. Ada era saat blog muncul dan dikenal hingga memunculkan selebritas blog. Blog mampu memberi tempat bagi pemililknya untuk mencurahkan gagasan dan pemikirannya melalui tulisan dan foto. Meski demikian, tidak sedikit yang mampu memanfaatkan blog untuk berbisnis. Ketika Facebook muncul, media sosial ini langsung menemukan tempat sebagai ajang pertemanan. Twitter lahir dan juga memunculkan sejumlah selebritas. Kekuatan Twitter adalah membawa pesan pendek dengan cepat.

Instagram muncul pada 2010, tetapi baru belakangan menjadi bahasan berbagai kalangan. Saat ini, media sosial ini sepertinya menemukan kekuatannya, yaitu sebagai galeri. Galeri bagi perusahaan, perorangan, kelompok, dan lain-lain untuk menampilkan dirinya ke publik. Sebagai galeri, maka media sosial ini mampu menampilkan pemilik akun secara artistik melalui berbagai foto. Tidak mengherankan teknik olah gambar atau foto ada di aplikasi Instagram.

Mereka yang kemudian muncul sebagai selebritas Instagram adalah mereka yang mempunyai kekuatan artistik dalam foto-foto atau gambar yang ditampilkan. Tidak mengherankan jika Cara Delevingne memiliki 11,8 juta pengikut dalam akun Instagram-nya. Ia, yang menampilkan foto-foto berpakaian unik, digemari pengikutnya. Lihat juga juga Kristina Webb, remaja dari Selandia Baru, yang memiliki pengikut 1,7 juta orang memilih keluar dari pekerjaannya dan mengurus bisnisnya melalui Instagram. Di Indonesia, akun Dagelan memiliki pengikut hingga 4,7 juta. Dagelan mampu memikat orang melalui berbagai foto dan gambar yang lucu dan menggelitik.

Apakah kaitan media sosial ini dengan bisnis? Banyak pihak mengakui kekuatan Instagram untuk berbagai kepentingan bisnis melalui berbagai foto dan gambar yang artistik itu. Sebagai contoh, jika akan menjual tiket pertunjukan, Anda bisa mengumumkan di koran, beriklan di radio, menempelkan pengumuman itu di akun Facebook, dan lain-lain. Akan tetapi, jika Anda mengumumkan penjualan itu melalui Instagram dengan tata letak yang artistik disertai dengan foto yang artistik pula, pengumuman itu akan “bersuara lebih kencang” memanggil orang untuk membeli tiket pertunjukan itu.

Cara ini dipergunakan oleh novelis Ika Natassa, yang memiliki pengikut 11.100 di akun Instagram-nya, saat memperkenalkan novel terbarunya, Critical Eleven. Dalam beberapa fotonya, Ika mampu menarik pengikutnya hingga penjualan 1.111 novel melalui order awal dikabarkan bisa terjual dalam waktu singkat. Foto-foto di Instagram-nya sangat menarik dan membuat penasaran pengikutnya. Novel ini sendiri baru akan muncul di toko buku pada Agustus nanti.

Fenomena kekuatan Instagram sebagai media komunikasi tengah menemukan tempatnya. Tidak jarang kini merek-merek terkenal di dunia memburu para pemilik akun Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak. Mereka mengajak para pemilik akun itu untuk mempromosikan produknya. Kerja sama ini sudah barang tentu berujung pada kesepakatan bisnis alias bukan gratisan. (ANDREAS MARYOTO)
——————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 6 Juli 2015, di halaman 17 dengan judul “Kekuatan Instagram”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Belajar dari Sejarah Indonesia

Pelajaran sejarah Indonesia memang sangat menentukan dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Dari sejarah Indonesia, siswa ...

%d blogger menyukai ini: