Home / Berita / Kebiasaan Menyetir ke Kantor Picu Kegemukan

Kebiasaan Menyetir ke Kantor Picu Kegemukan

Studi di Inggris pada puluhan ribu komuter usia lebih dari 40 tahun menunjukkan, orang yang berangkat kerja dengan menyetir mobil berbobot lebih berat dan kadar lemak tubuh lebih tinggi ketimbang yang pergi ke kantor dengan berjalan, bersepeda, atau transportasi umum. Pesepeda paling minim lemak tubuh, tapi memakai kereta pun membuat perbedaan signifikan, seperti dilaporkan tim peneliti di The Lancet Diabetes and Endocrinology.
Menurut pemimpin studi, Ellen Flint, dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Inggris, meski tahu olahraga menekan risiko obesitas dan penyakit kronis, banyak orang tak sempat berolahraga karena sibuk bekerja. ”Orang yang menyatukan aktivitas fisik dengan keseharian signifikan menurunkan berat badan dan lebih sehat daripada yang mengendarai mobil,” ucap Flint, Jumat (25/3). Riset memakai data UK Biobank pada 157.000 orang paruh baya Inggris, tahun 2006-2010. (REUTERS/JOG)
———————–
Bulan Saturnus Lebih Muda daripada Dinosaurus

Saturnus punya 62 bulan yang semuanya dipengaruhi gravitasi planet induknya dan gravitasi bulan lain. Pemodelan komputer, sejumlah bulan Saturnus, yakni Tethys, Dione, dan Rhea, belum menunjukkan perubahan sumbu orbit. Umur ketiga bulan itu diperkirakan kurang dari 100 juta tahun atau lebih muda daripada dinosaurus di Bumi. ”Bulan selalu berubah orbit, itu tak terelakkan,” kata peneliti utama Institut Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI), Matija Cuk, seperti dikutip space.com, Jumat (25/3). Secara perlahan, seiring bertambahnya waktu, orbit bulan-bulan itu bergeser kian menjauhi Saturnus dan miring. Lalu, dari mana bulan-bulan muda Saturnus itu berasal? Dugaan terbaik, terbentuk dari tabrakan bulan-bulan Saturnus sebelumnya. Pecahannya lalu bersatu lagi membentuk bulan dan cincin Saturnus berumur lebih muda. (SPACE/MZW)
———————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 Maret 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: