Home / Artikel / Jurnalisme Sepeda

Jurnalisme Sepeda

Dalam satu dekade terakhir, sepeda, yang mulai tergeser ke pinggir saat revolusi leasing sepeda motor mengalami pasang, kembali mendapatkan tempat. Bukan sebagai alat transportasi biasa, melainkan (ber)sepeda hadir menjadi gaya hidup di tengah gencarnya promosi hidup sehat. Momentumnya bisa dilacak saat jargon Bike to Work dikampanyekan komunitas pekerja kerah putih di kota megaurban seperti DKI Jakarta.

Koran-koran cetak lantas memberikan lembar halaman khusus untuk dunia sepeda dan segala pernik-kronika-kenangan komunitas atau individu yang menghidupkannya. Pikiran Rakyat (Minggu) setiap pekan menghadirkan cerita sepeda di seantero Bandung dan Jawa Barat. Jawa Pos (Minggu) menampilkan hal ihwal sepeda, mulai dari teknologi hingga cerita-cerita unik penjelajahan dengan sepeda di halaman “Cycling Sunday”.

Berbeda dengan dua koran itu, Kompas justru menyatukan sepeda sebagai moda transportasi jalur lambat sekaligus sebagai bagian dari peliputan jurnalistik yang sudah melekat dalam kultur mereka: ekspedisi bertema tanah dan air di Nusantara. Kompas telah menyelesaikan beberapa ekspedisi jurnalistik bertajuk “Jelajah Sepeda” di Nusantara secara ekstensif dan organik. Jelajah yang menarik untuk diingat adalah menyusuri pesisir selatan Pulau Jawa (2010), Bali-Komodo (2012), Manado-Makassar (2014), jelajah sepeda Gunung Tambora NTB (2015), jelajah Kalimantan (2015), dan jelajah sepeda di Papua (2015).

Apa yang dilakukan Kompas-juga dilakukan secara mandiri oleh M Ridwan Alimuddin dalam Ekspedisi Bumi Mandar (Radar Sulbar)-saya sebut jurnalisme sepeda. Jurnalisme sepeda adalah bentuk hibrid dua kultur: jurnalistik dan sepeda.

Secara bahasa, jurnalistik adalah jurnal, catatan harian. Nah, ikhtiar mencatat dan menghimpun informasi yang dilakukan terus-menerus serta dilandasi kesadaran dan tanggung jawab etik disebut jurnalisme. Dalam jurnalisme, ada tuntutan kecepatan yang bersifat kini dan di sini. Adapun sepeda merupakan moda transportasi dan bagian dari olahraga. Sekarang peran sepeda bergeser menjadi gaya hidup dalam masyarakat perkotaan. Sepeda menjadi re-kreasi.

Interupsi percepatan
Jurnalisme adalah pola pelaporan jurnal harian yang mengandalkan percepatan, sedangkan kultur sepeda bertumpu pada semangat pelambatan. Istilah percepatan dan pelambatan mulanya dikenal dalam fisika dengan aksentuasi yang berkebalikan. Percepatan dianggap positif dan maju (a=v/t), sementara pelambatan sebaliknya, dicemooh negatif dan mundur.

Dalam konteks jurnalisme sepeda, dua ketegangan itu dipadukan lagi dalam satu semangat baru. Karena itu, dalam jurnalisme sepeda, terdapat ciri-ciri dasar, yakni penjelajahan ruang, dikerjakan secara ekstensif dan intimatif, serta menghadirkan kultur perjalanan yang dilakukan dengan moda sepeda, baik komunal maupun individual. Jurnalisme sepeda, karena itu, bukan peliputan tentang sepeda, melainkan menggunakan prinsip-prinsip sosial sepeda sebagai metode pemberitaan jurnalistik.

Sama-sama penulisan yang dilakukan dalam sebuah perjalanan, tetapi tema yang diurai dalam jurnalisme sepeda bukan sekadar “halaman depan” sebuah kawasan sebagaimana bidikan kamera dan gawai turis umumnya. Obyek liputan dalam jurnalisme sepeda juga bukan melulu di seputar “halaman belakang” yang bikin risau.

Jurnalisme sepeda berada di antara tumbukan keterpesonaan pada sebuah kawasan di satu sisi dan sifat kritikal yang melekat pada jurnalistik di sisi lain.

Di dunia jurnalisme sekarang yang berbasis daring dan moda transportasi yang memberhalakan percepatan, jurnalisme sepeda datang sebagai interupsi. Percepatan dengan sikap tergesa-gesa boleh-boleh saja, tetapi mesti diiringi pelambatan (relaksasi, reflektif, dan interaktif). Kita tak ingin didorong paksa melaju dalam percepatan informasi di dunia digital, yang entah sampai di mana batasannya ini, dengan terus-menerus mengonsumsi kedangkalan dengan segala perniknya.

MUHIDIN M DAHLAN, KERANI @WARUNGARSIP DAN SALAH SATU PENDIRI NEWSEUM INDONESIA
——————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 11 April 2016, di halaman 12 dengan judul “Jurnalisme Sepeda”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Peringkat ”e-Government” Indonesia

Menurut PBB, sejak 2018 secara global terjadi peningkatan rata-rata skor e-government pada 193 negara anggota ...

%d blogger menyukai ini: