Juara Dunia

- Editor

Senin, 19 April 2010

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pelajar Indonesia mencatatkan rekor prestasi di kompetisi ilmiah tingkat dunia. Tujuh medali emas mereka sabet dari International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-17 di Denpasar, Bali. Ini melebihi perolehan medali tahun lalu di kompetisi yang sama di Polandia dengan enam medali emas.

Sonny Lazuardi, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Bandung, misalnya, meraih medali emas setelah menyajikan hasil penelitian tentang antivirus khusus untuk flash disk. Adapun Oki Novendra, siswa SMA Negeri 1 Bogor, menyabet gelar juara pertama setelah memakai matematika terapan untuk menjelaskan kematian Michael Jackson.

Kabar baik juga datang dari sejumlah perguruan tinggi. Lama terpuruk dan diremehkan di tingkat dunia, satu per satu universitas di Indonesia bangkit. Baru-baru ini, sejumlah lembaga pemeringkat universitas dunia menempatkan beberapa perguruan tinggi Indonesia dalam ranking 500 terbaik universitas dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mingguan US News, yang membuat pemeringkatan QS World University Ranking, misalnya, awal tahun ini menyebut Universitas Indonesia menempati peringkat ke-201 dunia, mengungguli Universitas Iowa, Amerika Serikat. Universitas Gadjah Mada berada di atas Universitas George Washington dan Universitat Hamburg.

Untuk kategori teknik di wilayah Asia dan Timur Tengah, menurut US News, Institut Teknologi Bandung masuk urutan ke-11, mengungguli Nanyang Technological University, Singapura, yang berada di posisi ke-27 dan Universitas Tokyo di posisi ke-18.

Saatnya menuju pentas dunia.

PARA PENDULANG EMAS

Mereka menjadi penghibur di tengah situasi negeri yang muram oleh urusan korupsi, kekerasan, terorisme. Mereka meraih emas, mengibarkan Merah Putih di dunia. Berikut ini sebagian kecil di antaranya, dalam tiga tahun ke belakang.

2010
7 medali emas (juara umum) International Conference of Young Scientist

# 2009 6 medali emas (juara umum) International Conference of Young Scientist
# 6 medali emas Olimpiade Sains/Matematika untuk Sekolah Dasar
# 1 medali emas Olimpiade Fisika Internasional
# 1 emas Olimpiade Biologi Internasional

2008
# 2 medali emas Olimpiade Fisika Internasional
# 3 emas Olimpiade Matematika Internasional
# 1 emas Olimpiade Sains/Matematika untuk Sekolah Dasar
# 1 emas Olimpiade Kimia Internasional
# 5 emas Kontes Matematika Dunia Po Leung Kuk
# 4 emas Olimpiade Sains Junior Internasional
# 4 emas Olimpiade Astronomi Internasional

TJANDRA

—————
Pelajar Indonesia Berjaya di Kompetisi Dunia
Memborong tujuh medali emas.

Anak-anak Indonesia kembali membuktikan prestasinya. Di International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-17 di Denpasar, Bali, mereka menyabet gelar juara umum.

Tim Indonesia meraih 7 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu serta 2 penghargaan khusus. “Ini prestasi maksimal yang kita raih dalam lima tahun terakhir,” kata pemimpin tim Indonesia, Monica Raharti, di Sanur kemarin.

Tim Indonesia menyisihkan tim dari negara lain, termasuk dari negara-negara maju. Tim Jerman, misalnya, menempati urutan kedua dengan meraih 2 medali emas. Sebanyak 18 negara lainnya berbagi posisi di urutan ketiga, masing-masing meraih 1 medali emas.

Gelar juara umum diraih dengan persiapan panjang. Sejak Januari lalu, 12 siswa sekolah menengah atas yang lolos seleksi antarkabupaten menjalani masa karantina. Dalam satu bulan, setidaknya tiga hari penuh mereka melakoni penajaman materi dan melatih kemampuan presentasi.

Seluruh cabang kompetisi, menurut Monica, bersifat individual. Peserta harus membuat makalah dan menyajikannya dalam bahasa Inggris. Dari lima juri untuk setiap kategori, hanya satu juri dari Indonesia. “Jadi benar-benar obyektif,” kata Monica.

Sekretaris Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Bambang Indriyanto mengatakan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menjanjikan kepada para peraih medali emas dari Indonesia kesempatan menempuh pendidikan gratis dari jenjang sarjana (S-1) hingga doktoral (S-3), baik di dalam maupun di luar negeri.

Gelar juara umum kali ini merupakan gelar kedua di kompetisi yang sama. Tahun lalu tim Indonesia menjadi juara umum di arena ICYS ke-16, di Pszczyna, Polandia. Saat itu, pelajar Indonesia meraih 6 medali emas.

ICYS merupakan kegiatan ilmiah yang diprakarsai Eotvos Lorand University, Budapest, Hungaria, dan Belarusian State University Minks, Belarus. Acara ini berlangsung sejak 1994, diikuti pelajar dari Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia.

Indonesia pertama kali mengikuti kompetisi ini pada 2005 di Katowice, Polandia. Saat itu, Indonesia hanya meraih meraih 1 medali perunggu. Selanjutnya, pada 2006 Indonesia menyabet 2 perunggu di Stuttgart, Jerman. Pada 2007, di Saint Petersburg, Rusia, Indonesia meraih 1 medali perak. Lalu, pada 2008, Indonesia meraih 1 perak dan 1 perunggu di Chernivsky, Ukraina. ROFIQI HASAN
————–
Kematian Michael Jackson dalam Rumus Matematika

Kematian Michael Jackson menggugah pelajar kelas I SMA Negeri 1 Bogor melakukan “investigasi”. Oki Novendra, sang pelajar, bahkan membuat teori. “Kalau menggunakan Demerol, kita bisa tahu berapa yang mengendap dalam darah dan menjadi penyebab serangan jantung,” katanya.

Dari hitung-hitungan matematika, Oki menyimpulkan kematian raja musik pop tahun lalu itu akibat overdosis obat-obatan. Teori Oki meyakinkan tim juri International Conference Young Scientists ke-17 di Sanur, Bali, Selasa lalu. Pelajar kelahiran 1993 ini menggondol medali emas dengan penelitian berjudul “Mathematical Explanation on the Death of Michael Jackson”. Selain Oki, ada enam medali emas lainnya yang digondol kontingen Indonesia (lihat boks).

Pengagum Jacko itu mengaku mendapat literatur pemodelan matematika yang dapat menghitung pengendapan obat dalam darah. Awalnya, penelitiannya hanya bisa menjelaskan efek samping Demerol yang dikonsumsi Jacko. Tapi kemudian dia mendapat rumus aman untuk menghitung dosis obat yang wajar dikonsumsi dalam darah.

Pelajar lain yang menggondol medali emas adalah Sonny Lazuardi, siswa SMA Negeri 5 Bandung. Dia membawakan penelitian berjudul “Portable Protection Everywhere”, penelitian antivirus khusus untuk flash disk. Dia tertarik menelitinya karena sampai saat ini belum ada antivirus khusus untuk USB tersebut. Padahal banyak orang menggunakannya.

Sebelum berkompetisi, tim Indonesia dilatih secara intensif sejak Januari 2010. Mereka menajamkan materi dan menguasai teknik penyampaian dalam bahasa Inggris.

“Pertanyaan juri sulit karena bahasa Inggrisnya beraksen Eropa Timur,” kata Sonny.Toh, ia berhasil mengatasinya. Medali emas pun ia raih. ROFIQI HASAN

PERAIH MEDALI EMAS

Bidang Ilmu Nama Sekolah
Biologi 1. Florencia V. Vaniara
SMA Santa Laurensia
Lingkungan 1. Muhammad Kautsar
2. Dian Kartika Sari
3. Dhica Putri Maharani
4. Hidayu Permata Hardi
SMAN 6 Yogyakarta
Matematika 1. Oki Novendra SMAN 1 Bogor
Lingkungan 1. Dwiky Rendra Subekti SMA Theresia Semarang
Komputer 1. Sonny Lazuardi Hermawan SMAN 5 Bandung
Teknik 1. Miftah Yama Fauzan SMAN 1 Sidoarjo
Teknik 1. Andreas Widy Purnomo
2. Aldo Vitus Wirawan
SMA Santa Laurensia

Sumber: Koran Tempo, 17 April 2010

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Baru 24 Tahun, Maya Nabila Sudah Raih Gelar Doktor dari ITB
Metode Sainte Lague, Cara Hitung Kursi Pileg Pemilu 2024 dan Ilustrasinya
Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri
PT INKA Fokus pada Kereta Api Teknologi Smart Green, Mesin Bertenaga Air Hidrogen
7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Nama, Lokasi, dan Sejarah Kegempaannya
Anak Non SMA Jangan Kecil Hati, Ini 7 Jalur Masuk UGM Khusus Lulusan SMK
Red Walet Majukan Aeromodelling dan Dunia Kedirgantaraan Indonesia
Penerima Nobel Fisika sepanjang waktu
Berita ini 3 kali dibaca

Informasi terkait

Senin, 1 April 2024 - 11:07 WIB

Baru 24 Tahun, Maya Nabila Sudah Raih Gelar Doktor dari ITB

Rabu, 21 Februari 2024 - 07:30 WIB

Metode Sainte Lague, Cara Hitung Kursi Pileg Pemilu 2024 dan Ilustrasinya

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:23 WIB

Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:17 WIB

PT INKA Fokus pada Kereta Api Teknologi Smart Green, Mesin Bertenaga Air Hidrogen

Rabu, 7 Februari 2024 - 14:09 WIB

7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Nama, Lokasi, dan Sejarah Kegempaannya

Rabu, 3 Januari 2024 - 17:34 WIB

Red Walet Majukan Aeromodelling dan Dunia Kedirgantaraan Indonesia

Minggu, 24 Desember 2023 - 15:27 WIB

Penerima Nobel Fisika sepanjang waktu

Selasa, 21 November 2023 - 07:52 WIB

Madura di Mata Guru Besar UTM Profesor Khoirul Rosyadi, Perubahan Sosial Lunturkan Kebudayaan Taretan Dibi’

Berita Terbaru

US-POLITICS-TRUMP

Berita

Jack Ma Ditendang dari Perusahaannya Sendiri

Rabu, 7 Feb 2024 - 14:23 WIB