Home / Berita / Bapak Email Meninggal Dunia

Bapak Email Meninggal Dunia

Kabar duka melanda jagat teknologi. Ray Tomlinson, pria berkebangsaan Amerika Serikat yang dikenal sebagai ‘bapak’ email, meninggal dunia akibat serangan jantung.

Tomlinson meninggal di usianya yang cukup tua, yakni 74 tahun. “Dia seorang pelopor teknologi sejati. Ray merupakan orang yang membawa kita pada email di era jaringan komputer awal,” tutur Mike Doble, juru bicara tempat Tomlinson bekerja, Raytheon.

Tomlinson pertama kali menciptakan sistem email di tahun 1971 silam, dimana kala itu jaringan komputer ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet, baru beberapa tahun diciptakan.

Jasa Tomlinson terbilang sangat besar, karena ia berhasil menciptakan sistem yang memungkinkan pengguna berkirim email dengan host yang berbeda. Penemuan Tomlison dianggap sebuah revolusi teknologi mengingat pada masa itu orang hanya bisa berkirim email dengan komputer yang sama.

Ray-Tomlinson-penemu-emailTak hanya itu, Tomlinson juga dikenal sebagai penemu lambang @ yang dipakai sebagai pemisah antara nama pemilik email dengan alamat tujuan. Lambang tersebut sangat terkenal dan masih dipakai hingga saat ini.

“Penemuannya mengubah cara dunia berkomunikasi. Untuk segala yang ia lakukan, ia tetap rendah hati, baik, dan murah hati dengan bakat yang ia miliki,” tambah Doble dikutip detikINET dari The Guardians, Senin (7/3/2016). (mag/fyk)

Muhammad Alif Goenawan – detikinet

Sumber: detikinet, Senin, 07/03/2016
————
Sejarah Penemuan Email

Gmail? Yahoo? HotMail? Semuanya itu ada berkat peran sentral dari Ray Tomlinson. Dia dikenal sebagai penemu Email atau Elektronik Mail. Saat ini email sekarang memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi dengan cepat. Email digunakan untuk melakukan pertukaran pesan dengan cepat melalui internet. Nama asli Ray Samuel Tomlinson adalah Raymond Tomlinson. Raymond Tomlinson (Disini saya singkat saja menjadi Ray Tom) lahir pada tahun 1941. Dia lahir di wilayah pinggir kota Amsterdam yang tentu ada di New York, Amerika Serikat (AS). Seperti layaknya orang hebat lainnya, Ray Tom ini lahir di lingkungan pedesaan kecil yang bernama Vail Mills dan memiliki keluarga yang sederhana.

Lalu mengapa ia menjadi pendiri email? Ini bermula saat dia belajar di sebuah sekolah bernama Broadalbin Central School, yang tentu terletak di Broadalbin, New York. Di sekolah tersebut Ray Tom mulai menyukai dunia teknologi, terutama komputer. Dia belajar banyak tentang jaringan, pemrograman, dan pokoknya apapun segala hal yang berkaitan dengan internet dan juga komputer dia pelajari, keren kan? Karena kemampuan dan kecintaannya pada bidang teknologi komputer dan juga internet, Ray Tom melanjutkan perjalanan pendidikannya di sebuah universitas Rensselaer Polytechnic Institute.

Sejarah Penemuan Email
Kemudian Ray Tom lulus dari universitas Rensselaer Polytechnic Institute di tahun 1963, dan Ray Tom mendapat gelar pendidikan sebagai Bachelor of Science bidang teknik listrik. Ternyata perjalanan pendidikan Ray Tom tidak sampai disini saja, dia melanjutkan lagi dengan tujuan untuk mendapatkan gelar master di Massachusetts Institute of Technology.

Tahun 1967, Ray Tomlinson kemudian bergabung dengan perusahaan yang bernama BBN Technologies, diperusahaan inilah kemudian ARPANET network Protocol dan juga implementasi mengenai Telnet dikembangkan selain itu Ray Tomlinson juga menulis sebuah program bernama SNDMSG yang merupakan cikal bakal dari email. SNDMSG merupakan sebuah aplikasi yang mampu mengirimkan pesan kepada orang lain melalui jaringan yang kemudian disempurnakan pada tahun 1971.

Ada satu permasalahan penting ketika itu yang dihadapi oleh Ray Tomlinson yaitu bagaimana agar Email temuannya dapat membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain dapat dialamatkan pada pengguna komputer lainnya. Ray Tomlinso kemudian mempelajari keyboard ketka itu kemudian ia tertarik pada simbol @ yang berada pada keyboard tersebut sebagai petunjuk alamat suatu pengguna email. pesan email pertama yang dikirimkan berbunyi “QWERTYUIOP”. Ini merupakan sebuah pesan paling bersejarah yang dikirimkan melalui jaringan ARPANET yang kemudian dikenal menjadi jaringan Internet. Ray Tomlinson kemudian dikenal sebagai penemu Email yang sangat berguna bagi manusia.

Pada tahun 2000, Ray Tom mendapatkan sebuah penghargaan, yaitu George R. Stibitz Computer Pioneer Award. Lalu lanjut pada tahun 2001, dia juga mendapatkan penghargaan yang bernama International Academy of Digital Arts and Sciences. Sepuluh tahun kemudian, Ray Tom juga mendapatkan penghargaan yang bernama Top 150 innovators and ideas dari MIT. satu tahun kemudian Ray Tom mendapat penghargaan bernama Internet Hall of Fame dari Internet Society. Lumayan banyak juga kan penghargaan yang diraih oleh Ray Tom? Berkat temuan Ray Tom yaitu email, Ray Tom masuk dalam daftar 50 orang paling berpengaruh di dunia informatika.

Sumber: http://www.penemu.co/2015/06/penemu-email-ray-tomlinson.html

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

”Big Data” untuk Mitigasi Pandemi di Masa Depan

Kebijakan kesehatan berbasis “big data” menjadi masa depan pencegahan pandemi berikutnya. Melalui ”big data” juga, ...

%d blogger menyukai ini: