Home / Berita / 51 Universitas Ikuti Kontes Robot Se-Indonesia

51 Universitas Ikuti Kontes Robot Se-Indonesia

Sebanyak 51 perguruan tinggi se-Indonesia dengan total 101 tim akan berkompetisi dalam Kontes Robot Nasional Indonesia 2011 di Gedung Graha Sabha Permana Universitas Gadjah Mada hari ini dan besok. Pemenang lomba tingkat nasional ini akan berlaga pada kontes robot internasional di Thailand dan Meksiko.

Ada tiga kategori yang dipertandingkan, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). “Pemenang KRI ke kejuaraan internasional di Bangkok, Thailand, sedangkan juara KRCI spesifikasi battle akan mewakili Indonesia ke kompetisi Robo Cup 2012 di Meksiko,” kata ketua panitia Kontes Robot Nasional 2011, Arif Wibisono, kemarin.

UGM bekerja sama dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi menjadi penyelenggara acara ini.

Lomba ini merupakan kompetisi yang mempertemukan para pemenang kontes robot di tingkat regional I Politeknik Negeri Batam, regional II Institut Teknologi Telkom Bandung, regional III Universitas Negeri Yogyakarta, regional IV Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, dan regional V Universitas Tadulako Palu.

Khusus kategori KRI kali ini bertema “Larungan”. Ini mengadaptasi tema “Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2011 Loy Kranthong”. Loy Kranthong adalah tradisi masyarakat Thailand yang melarung bunga teratai untuk Dewi Sungai setiap November. Pada kompetisi ini, para robot beradu kecepatan merangkai karangan bunga sebanyak mungkin, lalu melarungnya.

“Pemenangnya harus meletakkan api lilin pada kranthong yang bergoyang tanpa kesalahan dan kecepatan,” kata Arif. BERNADA RURIT

Sumber: Koran Tempo, 11 Juni 2011

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: