Peran Investor Diperlukan

- Editor

Sabtu, 19 Desember 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pembangunan Tol Cisumdawu Dukung Pengembangan Wilayah
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melelang proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan kepada investor. Tol sepanjang 61,675 kilometer itu diperlukan untuk mendukung pengembangan wilayah dan Bandar Udara Kertajati.

“Kalau tol ini jadi, arus kendaraan menuju Cirebon yang melewati jalan raya akan berkurang. Kemudian, tol ini untuk mendukung Bandara Kertajati, Majalengka yang akan dibangun,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W Husaini ketika meninjau pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jumat (18/12), di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jalan Tol Cisumdawu sekitar 61 kilometer (km) terdiri atas enam seksi, yaitu Seksi I Cileunyi-Rancakalong (12,02 km), Seksi II Rancakalong-Sumedang (17,35 km), Seksi III Sumedang-Legok (3,75 km), Seksi IV Legok-Cimalaka (7,2 km), Seksi V Cimalaka-Ujung Jaya (15,90 km), dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan (4,04 km).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

55d56db7e8d44875973a5c9c11e35619KOMPAS/NOBERTUS ARYA DWIANGGA MARTIAR–Proses konstruksi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jumat (18/12), di Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Tol Cisumdawu direncanakan selesai pada 2019 untuk mendukung interkoneksi Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar.

Dari keenam ruas itu, pemerintah akan mengerjakan dua seksi, yakni seksi I Cileunyi-Rancakalong (12,02 km) dan seksi II Rancakalong-Sumedang (17,35 km). Sisanya akan ditawarkan kepada investor.

79de13a865444d57ae646dc675b79c11Hediyanto mengatakan, pembangunan Tol Cisumdawu oleh pemerintah dimulai di seksi II, Rancakalong-Sumedang karena pembebasan lahan di seksi tersebut sudah paling siap, yakni mencapai 80 persen.

Selain itu, seksi itu dikerjakan lebih dulu agar menjadi jalan alternatif dari Jalan Cadas Pangeran, sebuah ruas jalan raya Bandung-Cirebon yang dikenal dengan tikungan tajam.

Menurut Hediyanto, pihaknya akan segera melelang empat seksi lain kepada investor. Ia menambahkan, meski sudah layak, biaya konstruksi Tol Cisumdawu sangat besar, yakni sekitar Rp 12 triliun.

Meski sekitar 20.000 kendaraan melalui jalur Bandung-Cirebon per hari, kondisi itu dinilai belum mencukupi kelayakan investasi untuk tujuan komersial.

Oleh karena itu, lanjut Hediyanto, dengan dua seksi Tol Cisumdawu dikerjakan oleh pemerintah, diharapkan penghitungan investasi Tol Cisumdawu bagi investor lebih layak. Seksi II memerlukan biaya Rp 4,5 triliun. Dari jumlah itu, sekitar Rp 4 triliun atau 70 persen merupakan pinjaman dari Bank Exim Tiongkok. Ia menargetkan, Tol Cisumdawu sudah selesai dan beroperasi pada 2019.

“Konstruksi untuk seksi II diperkirakan selesai pada 2018. Namun, kami akan pikirkan agar dapat selesai lebih cepat,” kata Hediyanto. Sebanyak Rp 3,4 triliun pinjaman telah dicairkan, dan sisanya diusahakan akan cair Desember 2015. Ke depan, pemerintah akan mengajukan pinjaman lagi ke Bank Exim Tiongkok untuk membiayai seksi I dan III.

Terowongan
Pada seksi II, tepatnya di Bukit Cilengsar, Desa Rancakalong, Sumedang, akan dibangun terowongan sepanjang 472 meter.

Pembangunan terowongan akan lebih mudah dibandingkan membelah bukit. Pengeboran akan dimulai Mei 2016 dan memakan waktu sekitar 28 bulan.

Menurut Engineering Manager Metallurgical Corporation of China Ltd, kontraktor yang membangun terowongan, Agung Sulistiawan, sebanyak 20 tenaga ahli dari Tiongkok akan mengawasi pengeboran tersebut.

“Setiap satu tenaga ahli akan didampingi dua tenaga ahli lokal sehingga terjadi alih pengetahuan,” kata Agung Sulistiawan.(NAD)
———–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Desember 2015, di halaman 17 dengan judul “Peran Investor Diperlukan”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 2 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB