Kemampuan Logika Anak Indonesia Tertinggal

- Editor

Rabu, 25 Maret 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jika dibandingkan dengan negara-negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development, kemampuan logika peserta didik Indonesia tiga tahun tertinggal. Kemampuan logika ini dilihat dari kemampuan membaca dan berhitung. Ini merupakan salah satu hasil kajian lembaga itu terhadap kebijakan pendidikan yang baru pertama kali dilakukan.
Demikian dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan seusai peluncuran hasil kajian atas kebijakan nasional bidang pendidikan dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) “Pendidikan di Indonesia Siap Menyongsong Tantangan”, Rabu (25/3), di Jakarta. Dalam peluncuran itu hadir Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria dan Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro.

“Kita akan fokus pada peningkatan kemampuan membaca dan berhitung atau Matematika karena ini logika. Tetapi sebelum mendorong anak untuk membaca, gurunya juga harus membaca,” kata Anies.

Dalam kajian ini, OECD mengingatkan adanya tantangan bagaimana mengonsolidasikan pencapaian pendidikan dan mengembangkan sistem pendidikan untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan terampil sesuai kebutuhan zaman dan mendukung kebutuhan ekonomi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sekjen OECD Angel Gurria mengatakan, Indonesia merupakan kekuatan ekonomi utama di Asia Tenggara dan Indonesia telah menetapkan tujuan pembangunan sosial ekonomi di mana pembangunan SDM merupakan hal strategis. “Terlepas dari besarnya kesenjangan antarwilayah yang membatasi akses terhadap pendidikan, Indonesia sudah membuat kemajuan mengesankan di berbagai jenjang sektor pendidikan,” kata Gurria.

Prioritas PAUD
Kajian ini memberikan beberapa rekomendasi, antara lain memprioritaskan pendidikan anak usia dini, terutama untuk masyarakat miskin, meningkatkan kualitas, meningkatkan partisipasi dan proses belajar mengajar di tingkat pendidikan dasar, mengelola keberagaman, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan relevansi di tingkat pendidikan menengah. Selain itu, ada juga rekomendasi untuk memperkuat koordinasi dan keterlibatan industri dalam sistem pendidikan kejuruan dan teknis.

Terkait dengan sistem pendidikan dan angkatan kerja, OECD merekomendasikan reformasi sistem penilaian modern yang diintegrasikan ke dalam kerangka kerja evaluasi nasional dan memperbaiki produktivitas, meningkatkan kapasitas dan status profesional, dan mengadopsi pendekatan terbaru untuk mereformasi pendidikan di Indonesia.

Menanggapi hasil kajian ini, Anies menilai kajian ini menunjukkan apresiasi terhadap praktik terbaik internasional dalam pendidikan yang bisa menjadi masukan peningkatan program di sektor pendidikan dengan penyusunan akhir Rencana Strategis Kemdikbud 2015-2019. “Ini momentum yang tepat untuk menetapkan prioritas nasional,” ujarnya.

Memperkuat aktor pendidikan
Anies memaparkan, pihaknya akan konsentrasi pada tiga area, yakni memperkuat aktor-aktor pendidikan seperti guru, kepala sekolah, dan masyarakat. Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah meningkatkan kualitas kompetensi guru. Area kedua adalah meningkatkan kualitas dan memperluas akses pendidikan. Adapun area ketiga, meningkatkan efektivitas birokrasi pendidikan dan pelibatan masyarakat atau publik dalam solusi isu pendidikan. “Memang masih banyak pekerjaan rumah di dunia pendidikan yang harus kita selesaikan,” ujarnya.

81e4ff736a544643ba41fcc7ef7a8f9aStrategi utama pemerintah, dalam rencana Kemdikbud, untuk memperbaiki kualitas pembelajaran adalah memperkuat kurikulum yang mendukung kompetensi murid dengan keterampilan abad ke-21 dan memungkinkan murid untuk mengembangkan potensi seluas-luasnya.

Kajian OECD dilakukan sejak Oktober 2012 hingga Februari 2013 dengan menggabungkan data primer di lapangan dan data sekunder dari laporan-laporan sebelumnya. Riset lapangan dilakukan di lima provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Laporan ini menggunakan bahan-bahan dari Laporan Latar Belakang Negara yang dibuat oleh Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) sesuai permintaan Pemerintah Indonesia.

Luki Aulia
Sumber: Kompas Siang | 25 Maret 2015

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 1 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB