14.00 Kilometer ”GESITS” Menuju Kemandirian

- Editor

Rabu, 9 November 2016

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tiga sepeda motor listrik yang dikendarai mahasiswa, Senin (7/11) pukul 11.00, meluncur dari kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi /BPPT di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Itulah awal perjalanan 1.400 kilometer menuju Nusa Dua, Bali, menguji cikal bakal karya lokal.

Itu bukanlah tur biasa mengisi hari libur atau berwisata bersama teman-teman. Rombongan yang dikawal polisi itu tahapan uji jalan ”GESITS Touf de Jawa-Bali”. GESITS merupakan akronim dari Garansindo Electric Scooter ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Sesuai namanya, tiga Skuter listrik yang dilepas Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir itu hasil kerja sama ITS dengan PT Garansindo. Produksi purwarupa itu didukung pendanaan riset dan pengembangan Kemenristek dan Dikti Rp 20 miliar, melalui program hibah. Jumlah yang tidak kecil.

“Saya selalu katakan, hasil riset tidak cukup sampai publikasi. Namun, harus sampai hilirisasi dan komersialisasi,” kata Nasir. Sejauh ini, (GESITS dipesan hingga 20.000 unit, yang sebagian besar dipesan institusi. Hargannya diharapkan bisa di bawah Rp 20 juta per unit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Purwarupa GESITS diperkenalkan kepada publik pada 3 Mei 2016. Seperti kemarin, saat itu Nasir mencoba mengendarai kendaraan itu di Kampus ITS Surabaya, Jawa Timur.

Uji jalan
Sebelum pengujiain daya jelajah itu ketiga prototipe telah diuji di laboratorium. Nur Yuniarto, Ketua Tim Peneliti Sepeda Motor Listrik ITS, menjelaskan, tiga prototipe itu dikendarai mahasiswa strata-1 dan strata-2 ITS untuk menempuh jarak maksimal 250-300 kilometer per hari dengan waktu istirahat maksimal 10 jam. Menyusuri jalan pantai utara Jawa.

Mereka diikuti tim yang terdiri atas perekayasa dan mekanik yang membawa peralatan dan suku cadang perawatan serta perbaikan sepeda motor.

Selama perjalanan, sejumlah aspek diuji sebelum diproduksi massal. Pengujian meliputi performa secara menyeluruh, jarak tempuh dan konsumsi energi, serta aspek keselamatan.

Sepeda motor otomatis itu memiliki daya listrik 5 kilowattjam dengan lama pengisian baterai 1,5 jam hingga 3 jam. Kendaraan dapat menempuh jarak 80-100 kilometer sebelum baterai harus diisi ulang atau diganti. Kecepatan maksimalnya sekitar 100 kilometer per jam atau setara dengan motor skuter bermesin konvensional berkapasitas 125 cc.

Setelah uji jalan itu pun masih ada serangkaian tahapan yang harus ditempuh sebelum masuk ke tahap komersial, yaitu penyusunan regulasi untuk industri dan standardisasi produk. Menurut Nasir tahap lanjut ini harus melibatkan kementerian lain, terutama Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan. Perindustrian menangani penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI), sedangkan Kemenhub mengurusi kelaikan jalan kendaraan.

20161109_101154wUntuk GESITS, kata Nur, yang masih harus ditetapkan antara lain standar motor listrik, kontroler, baterai, sistem elektronik, dan kabel listrik. ”Standar yang digunakan harus disertifikasi lembaga independen. Di Indonesia belum ada yang menyertifikasi,” katanya.

Muatan lokal
Dari sisi konten, GESITS disebut-sebut memiliki muatan lokal lebih dari 90 persen. Satu-satunya komponen yang diimpor adalah baterai, yang dibeli dari Jepang.

Teknologi baterai litium itu belum bisa dikuasai peneliti dalam negeri. Kini, tim ITS masih terus mempelajari pembuatan baterai tersebut.

Demi kemudahan, katanya, pengembangan sepeda motor listrik ke arah komersial harus ditunjang infrastruktur memadai, antara lain sistem pengisi ulang baterai. Pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan siap mendukung. Amin Subekti, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PT PLN mengatakan, pihaknya akan mengembangkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di 200 lokasi.

Pihak Garansindo juga telah bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, untuk pengembangan baterai dan pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogakarta, untuk menangani limbah baterai. Kerja sama itu untuk memastikan karya anak bangsa nyata untuk lahirnya sepeda motor karya sendiri. ”Selayaknya Indonesia memiliki sepeda motor hasil rancang bangun anak bangsa Sendiri,” kata CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah.

Dari sisi lingkungan kendaraan listrik jelas tidak menyebabkan polusi udara atau suara. GESITS bisa jadi lebih dari itu karena simbol kemandirian riset dan bangsa. Jalan masih panjang. Tur Jawa-Bali hanyalah penggalan kecil perjalanan menuju kemandirian itu.

Oleh YUNI IKAWATI dan J GALUH BIMANTARA

Sumber: Kompas, 8 November 2016

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 2 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB