Revitalisasi Dipercepat

- Editor

Jumat, 24 Juni 2016

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemerintah Fokus pada Pendidikan Vokasional
Peta jalan revitalisasi pendidikan vokasional formal dan nonformal sedang disiapkan pemerintah. Penyusunannya direncanakan selesai paling lama enam bulan. Revitalisasi pendidikan vokasional dipercepat untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

Dengan daya saing yang lebih baik, tenaga kerja Indonesia akan memiliki peluang kerja lebih baik di luar negeri. Selain itu, revitalisasi pendidikan vokasional dinilai juga akan mendorong dihasilkannya lulusan yang mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi pembangunan.

Percepatan revitalisasi pendidikan vokasional dibahas dalam pertemuan di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kamis (23/6), di Jakarta. Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, serta Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri hadir dalam pertemuan itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Puan, peta jalan yang disiapkan untuk meningkatkan pendidikan vokasional ditargetkan bisa dilaksanakan paling lama empat-enam bulan. Peningkatan ini diwujudkan selain melalui pendidikan umum (SMA), kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi politeknik serta akademi, juga lewat pelatihan.

Ia menjelaskan, peningkatan pendidikan vokasi bertujuan membuat kaum muda Indonesia memiliki peluang kerja yang luas di dalam dan luar negeri. Selain itu, mereka juga dapat berperan lebih baik dalam pembangunan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang dimiliki.

Puan menambahkan, pelaksanaan teknis percepatan revitalisasi yang terkait SMK dilakukan oleh Kemdikbud. Percepatan revitalisasi terkait politeknik dan akademi dilakukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Adapun Kemnaker mengoordinasikan revitalisasi balai latihan kerja dan magang.

Puan menekankan agar akses terhadap pendidikan vokasi di daerah-daerah diperluas. Selain itu, diingatkannya, perlu upaya berkesinambungan untuk menggandeng dunia industri.

Darmin mengatakan, rapat koordinasi beberapa kali dilakukan guna menyamakan pandangan dalam perencanaan peningkatan pelatihan dan pendidikan vokasional. “Kita sudah memiliki kelembagaannya. Saat ini diperlukan percepatan dan semua bisa ikut bersama pemerintah dalam mengembangkan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perekonomian. Dengan bersama-sama, jalan untuk merevitalisasi menjadi lebih cepat dan tepat sasaran,” ujarnya.

Perubahan kurikulum
Menurut Anies, untuk penguatan SMK, Kemdikbud fokus pada upaya perubahan kurikulum agar bisa lebih mencerminkan kebutuhan dunia kerja dan perekonomian. Selain itu, rasio SMK terhadap SMA juga akan disesuaikan.

Ia menyatakan, usaha peningkatan mutu pendidikan di SMK membutuhkan dukungan mutu dan kompetensi para guru. Penyediaan sarana dan prasarana tak ketinggalan perlu dimutakhirkan agar sesuai dengan perkembangan. Sarana dan prasarana yang tersedia saat ini kebanyakan sudah usang.

“Kami menginginkan lulusan SMK bisa diakui industri di dalam negeri dan global. Untuk mewujudkannya, peningkatan kompetensi dengan sertifikasi akan disiapkan,” ujar Anies.

200.000 orang
Kemnaker, menurut Hanif, fokus pada perbaikan kualitas pelatihan tenaga kerja guna memperkuat aspek kompetensi mereka. Saat ini, tenaga kerja Indonesia sebagian besar berpendidikan SD dan SMP.

Ia menjelaskan, perbaikan pelatihan kerja dan pemagangan sudah dirintis. Pemagangan sudah bisa menjangkau 200.000 orang per tahun. Ada sekitar 2.000 perusahaan yang digandeng dan memberikan kuota magang sebanyak 100 orang per tahun. Kemnaker juga fokus memperkuat balai latihan kerja (BLK), baik yang dimiliki oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Dalam APBN 2016, pemerintah menganggarkan pelatihan bagi lebih dari 990.000 orang. Adapun setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi diperkirakan menciptakan sekitar 200.000 lapangan kerja.

Setiap tahun, terdapat 2,2 juta orang yang tak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ada siswa yang lulus SMP sederajat, tetapi tak melanjutkan ke SMA/SMK. Selain itu, tidak semua orang yang lulus sekolah menengah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
(ELN)
—————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 24 Juni 2016, di halaman 12 dengan judul “Revitalisasi Dipercepat”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel
Seberapa Penting Penghargaan Nobel?
Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024
Ilmuwan Dapat Nobel Kimia Usai Pecahkan Misteri Protein Pakai AI
Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin
Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Berita ini 4 kali dibaca

Informasi terkait

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:50 WIB

Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:46 WIB

Seberapa Penting Penghargaan Nobel?

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:41 WIB

Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:31 WIB

Ilmuwan Dapat Nobel Kimia Usai Pecahkan Misteri Protein Pakai AI

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin

Berita Terbaru

Berita

Seberapa Penting Penghargaan Nobel?

Senin, 21 Okt 2024 - 10:46 WIB

Berita

Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024

Senin, 21 Okt 2024 - 10:41 WIB

Berita

Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin

Senin, 21 Okt 2024 - 10:22 WIB