Home / Berita / Bulan Pengaruhi Hewan di Laut Arktik

Bulan Pengaruhi Hewan di Laut Arktik

Beberapa bulan lalu, peneliti menemukan makhluk yang hidup di laut Arktik beraktivitas tinggi meski amat gelap dan dingin. Kini, laporan itu dilengkapi temuan migrasi vertikal hewan laut kecil dipengaruhi bulan. Itu diduga merespons zooplankton menghindari predator dengan mengikuti sinar bulan.

”Saat gelap permanen dan dingin ekstrem di Arktik, makhluk-makhluk kecil ini seperti mitos manusia serigala merespons sinar bulan dengan migrasi massal,” kata Kim S Last, peneliti dari Asosiasi Skotlandia untuk Ilmu Kelautan Skotlandia, Kamis (7/1). Analisis itu memakai data periode 50 tahun. Temuan Kim dan tim itu dipublikasikan di jurnal Cell Press. (SCIENCEDAILY/ICH)
——————
Ikatan Sosial Tingkatkan Mutu Hidup

Ikatan sosial yang dibangun sejak dini berdampak besar pada mutu hidup di usia muda dan tua. ”Remaja dan orang dewasa muda perlu punya kemampuan sosial berinteraksi dengan orang lain. Itu sama penting dengan menjaga pola makan dan aktivitas fisik,” kata Kathleen Mullan Harris dari Universitas Carolina Utara di Chapel Hill, Amerika Serikat, pekan lalu. Riset yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences itu mengaitkan ikatan sosial seseorang dengan indikator kesehatan jasmani, yakni lingkar perut, peradangan, dan tekanan darah tinggi yang memicu masalah kesehatan, seperti stroke dan kanker. Hasilnya, ikatan sosial menekan risiko kesehatan. (SCIENCEDAILY/MZW)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 11 Januari 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Hujan Menandai Kemarau Basah akibat Menguatnya La Nina

Hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya belum menjadi penanda berakhirnya kemarau atau datangnya musim ...

%d blogger menyukai ini: