Home / Berita / Unissula Resmikan Pusat Studi Keuangan Islam ”Sjafruddin Center”

Unissula Resmikan Pusat Studi Keuangan Islam ”Sjafruddin Center”

Hari ini, menurut rencana Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang akan meresmikan Pusat Studi Keuangan Islam yang diberi label “Mr Sjafruddin Prawiranegara Center”, bertepatan dengan penyelenggaraan International Seminar on Islamic Finance and Its Global Challenges di gedung B Fakultas Kedokteran, mulai jam 08.00. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di kampus Jalan Raya kaligawe Km 4.
Seminar internasional tersebut diselenggarakan dalam rangkaian peringatan “Satu Abad Mr Sjafruddin Prawiranegara”. Tokoh penting pada masa sebelum maupun pascaproklamasi itu merupakan Gubernur Bank Indonesia pertama dan ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Ketua Panitia Drs Imam Munadjat SH MS menjelaskan, seminar menghadirkan Prof Dr Iraj Toutonchian (Guru Besar Universitas Al Zahra, Iran), Prof Dr H Soeroso Imam Zadzuli (Guru Besar Unair), Dr Halim Alamsjah (Deputy Gubernur Bank Indonesia), Prof Dr Laode M Kamaluddin MSc MEng (Rektor Unissula), dan Dr AM Fatwa.

Sangat Berjasa
Rektor Unissula Laode M Kamaluddin menjelaskan, dengan berdirinya PDRI pada 1948, kemerdekaan republik ini diselamatkan, karena pada  agresi militer kedua, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh Hatta ditawan Belanda.

Mr Sjafruddin dikenal sebagai figur yang sangat berjasa dalam perjuangan Indonesia. Sebagai Gubernur BI pertama ia membuat berbagai keputusan penting dalam menyelamatkan perekonomian Indonesia pada awal masa kemerdekaan. Antara lain, kebijakan ekonomi yang terkenal dengan sebutan “Gunting Sjafruddin”. (C10-80)

Sumber: Suara Merdeka, 11 Mei 2011

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: