Peran Guru Dioptimalkan Tak Sekadar Mengajar

- Editor

Senin, 2 Juli 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan bantuan pendampingan Kurikulum 2013 (K13) kepada sekolah-sekolah. Langkah tersebut bertujuan mempertajam peran guru sebagai pendidik yang memberikan keteladanan kepada peserta didik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat berkunjung ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Semarang, akhir pekan lalu, mengharapkan kepala sekolah mampu membantu guru memahami perannya sebagai pendidik, bukan sekadar pengajar.

KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA–Guru-guru SMP sedang mengikuti pelatihan cara mengoreksi hasil ujian Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Rabu (11/4/2018)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

”Pembelajaran yang diterapkan di sekolah hendaknya fleksibel serta mampu memberikan ruang yang cukup untuk pengembangan kecakapan peserta didik,” kata Mendikbud.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad mengungkapkan, terdapat sekitar 78.000 sekolah yang memasuki tahap akhir implementasi Kurikulum 2013. ”Tahun ini adalah tahun terakhir pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013. Tahun ini semua sekolah harus menggunakan Kurikulum 2013 tanpa kecuali,” ujar Hamid.

Pendampingan sekolah penerima bantuan akan dilaksanakan pada Agustus-Desember 2018. Tujuannya, memperkuat pemahaman mengenai K13 berikut perubahannya di lapangan serta membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat pelaksanaan kurikulum tersebut di sekolah.

Target penerapan
Hamid menyebut ada tiga target implementasi K13. Pertama, perubahan pendidikan karakter yang terintegrasi di sekolah. Baik intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun kokurikuler.

Kedua, perubahan budaya literasi di sekolah. Contohnya, guru dapat menargetkan siswanya menuntaskan 4-5 buku bacaan per tahun.

Ketiga, sekolah mampu memperkenalkan dan melatih keterampilan abad ke-21 kepada peserta didik. Siswa harus dilatih berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. (DNE)–LARASWATI ARIADNE ANWAR

Sumber: Kompas, 2 Juli 2018

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah
Dari Quick Count ke Quick Lie: Kronik Naik Turun Ilmu Polling di Indonesia
AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru
Petungkriyono: Napas Terakhir Owa Jawa dan Perlawanan Sunyi dari Hutan yang Tersisa
Zaman Plastik, Tubuh Plastik
Suara yang Menggeser Tanah: Kisah dari Lereng yang Retak di Brebes
Kalender Hijriyah Global: Mimpi Kesatuan, Realitas yang Masih Membelah
Mikroalga: Si Hijau Kecil yang Bisa Jadi Bahan Bakar Masa Depan?
Berita ini 2 kali dibaca

Informasi terkait

Senin, 7 Juli 2025 - 08:07 WIB

Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah

Minggu, 6 Juli 2025 - 15:55 WIB

Dari Quick Count ke Quick Lie: Kronik Naik Turun Ilmu Polling di Indonesia

Sabtu, 5 Juli 2025 - 07:58 WIB

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Jumat, 27 Juni 2025 - 14:32 WIB

Zaman Plastik, Tubuh Plastik

Jumat, 27 Juni 2025 - 08:07 WIB

Suara yang Menggeser Tanah: Kisah dari Lereng yang Retak di Brebes

Berita Terbaru

Artikel

Di Balik Lambang Garuda di Selembar Ijazah

Senin, 7 Jul 2025 - 08:07 WIB

Fiksi Ilmiah

Bersilang Nama di Delhi

Minggu, 6 Jul 2025 - 14:15 WIB

Artikel

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Sabtu, 5 Jul 2025 - 07:58 WIB