Home / Berita / Panut Ingin UGM Masuk 500 Besar Dunia

Panut Ingin UGM Masuk 500 Besar Dunia

Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Panut Mulyono terpilih menjadi Rektor UGM periode 2017-2022. Panut menyatakan, salah satu prioritas utamanya adalah membawa perguruan tinggi tersebut masuk jajaran 500 universitas terbaik di dunia.

“Saya ingin membawa UGM masuk salah satu dari 500 universitas terbaik dunia,” ungkap Panut seusai pemilihan rektor UGM di Balai Senat UGM, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (17/4).

Panut menuturkan, agar bisa masuk jajaran 500 universitas terbaik dunia, UGM harus meningkatkan reputasi akademis, antara lain dengan menaikkan produktivitas dosen dalam publikasi di jurnal internasional dan memberi kuliah di luar negeri.

Saat ini, berdasarkan penilaian lembaga pemeringkat Quacquarelli Symonds, UGM ada di peringkat 501-550. Di Indonesia, baru dua universitas yang masuk 500 besar dunia, yakni Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Pemilihan rektor periode kali ini dihadiri 18 dari 19 anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UGM. Mereka antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang juga Ketua MWA UGM, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X.

HRS–Panut Mulyono

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir selaku wakil pemerintah di MWA UGM tidak hadir. Nasir diwakili Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek dan Dikti Intan Ahmad.

Dalam pemilihan yang berlangsung tiga tahap itu, Panut yang masih menjabat Dekan Fakultas Teknik UGM mengungguli dua calon lain, Dekan Fakultas Peternakan UGM Ali Agus serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Erwan Agus Purwanto. Pada tahap terakhir, Panut mendapat 15 dari total 25 suara, sedangkan Ali meraih 10 suara. Erwan tak ikut pemilihan terakhir karena sudah gugur dalam pemilihan tahap kedua.

Pengurus Pusat Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) mengucapkan selamat atas terpilihnya Panut sebagai Rektor UGM. Dalam pernyataan tertulisnya, PP Kagama berharap Panut melanjutkan semangat Dwikorita Karnawati, Rektor UGM periode 2014-2017, membawa UGM meraih kemajuan. (HRS)
—————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 April 2017, di halaman 11 dengan judul “Panut Ingin UGM Masuk 500 Besar Dunia”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Ekuinoks September Tiba, Hari Tanpa Bayangan Kembali Terjadi

Matahari kembali tepat berada di atas garis khatulistiwa pada tanggal 21-24 September. Saat ini, semua ...

%d blogger menyukai ini: