Home / Artikel / Energi Sumber Kehidupan

Energi Sumber Kehidupan

Segala sesuatu yang hidup di dunia ini membutuhkan energi. Energi mempunyai banyak bentuk, ada energi listrik, energi panas, energi cahaya, energi kimia, dan masih banyak lagi macam energi.

Bisa dikatakan energi sudah seperti kebutuhan pokok bagi kehidupan kita. Tanpa energi, mungkin kita tidak akan bisa menonton televisi, bepergian dengan sepeda motor, atau merasakan dinginnya ruangan dengan AC. Bahkan, kita manusia juga memerlukan energi untuk bergerak. Energi itu dapat ditemukan di mana saja. Hanya, semua itu tergantung dari kita bagaimana merasakan dan menggunakannya.

Ada yang mengatakan, energi itu tidak akan pernah habis. Namun, mengapa dunia saat ini sedang berlomba-lomba untuk menciptakan energi alternatif atau sumber energi baru. Negara-negara di Eropa, misalnya, saat ini sudah menggunakan energi nuklir untuk mengalirkan listrik ke rumah rakyatnya. Bahkan, banyak ilmuwan mencoba meneliti urine, kulit buah-buahan, sampah organik, dan sebagainya untuk diubah menjadi energi. Itu semua merupakan bukti bahwa energi yang selama ini kita gunakan lama-kelamaan akan habis dan kita harus mencari sumber energi baru untuk menggantikan energi itu supaya tidak habis.

Contohnya saja, Indonesia menaikkan harga subsidi bahan bakar minyak (BBM) karena harga minyak dunia naik. Mengapa harga minyak dunia bisa naik? Itu semua terjadi akibat kelangkaan yang terjadi di banyak negara. Minyak, jika terus-menerus digunakan, juga akan habis. Maka, langkah menghemat energi penting dan harus dilakukan.

Berbicara tentang pengalaman pribadi dalam menghemat energi, selama ini saya menghemat energi dengan mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu dan mematikan sejumlah lampu saat sedang tidur.

Terkait langkah penghematan di lingkungan tempat tinggal saya, saya melihat pemerintah sudah menggunakan sistem panel tenaga surya untuk mengaktifkan lampu-lampu jalan. Walaupun tidak banyak, itu semua merupakan langkah baik dalam menghemat energi. Sebab, penggunaan panel tenaga surya telah mengubah energi panas matahari yang tidak akan habis menjadi energi listrik ke lampu.

Bayangkan saja teman-teman kita yang berasal dari daerah pedalaman, teman-teman kita yang mungkin sampai saat ini belum merasakan asyiknya menonton televisi di rumah atau merasakan terangnya lampu dan keasyikan lain. Masih banyak teman kita yang belum dapat merasakan energi.

Penghematan energi merupakan salah satu cara agar suatu energi tidak cepat habis dan dapat kita rasakan lebih lama lagi. Sudah sewajarnya kita sebagai kaum muda menghemat energi atau bahkan menemukan energi baru yang lebih baik dan tahan lama serta memanfaatkan segala sesuatu yang ada untuk diubah menjadi energi.

Energi juga erat terkait dengan alam karena banyak sekali energi yang dihasilkan dari alam. Contohnya minyak bumi. Jika kita merusak alam, itu sama saja seperti kita merusak energi. Jika kita memerlukan energi, kita harus mencintai alam.

Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti kita akan menemukan sumber energi baru yang tidak akan habis selain matahari dan air, menciptakan alat yang dapat mendaur ulang energi supaya tidak habis, atau suatu saat nanti kita akan menemukan alat yang dapat menghasilkan energi yang besar.

ANDRI SAPUTRA NASUTION
Juara 1 Kompetisi Tulisan Enervation

Sumber: Kompas, 6 Februari 2015

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Pemulihan Ekonomi: V, U, atau W?

Kita memang tak hidup dalam dunia yang ideal saat ini. Kita sadar, kebijakan ideal ala ...

%d blogger menyukai ini: