Home / Berita / Ditemukan Perempuan Peneliti Muda yang Hebat

Ditemukan Perempuan Peneliti Muda yang Hebat

Delapan orang perempuan peneliti dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia dinilai berhak untuk maju ke babak penentuan pemenang Fellowship L’Oreal Indonesia For Women In Science. Ini diumumkan pada 24 November mendatang di Jakarta.

Melanie Kridaman, Corporate Communication dan Public Relations Manager PT L’Oreal Indonesia mengatakan pihaknya bersama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO telah menemukan sosok-sosok perempuan peneliti muda hebat dari Indonesia melalui program L’Oreal Indonesia Fellowship For Women In Science 2010.

“Melalui program yang rutin diadakan setiap tahun ini, kami yakin, kontribusi dan komitmen dari para peraih penghargaan ini telah dan kelak akan menciptakan harapan yang lebih baik bagi masa depan bangsa Indonesia,” ungkapnya.’

Program L’Oréal Indonesia Fellowship For Women In Science ini telah diadakan oleh L’Oreal Indonesia sejak tahun 2004. Setiap tahunnya 3 orang perempuan peneliti Indonesia yang terdiri dari 2 orang dengan penelitian di bidang Life Sciences dan 1 orang di bidang Material Sciences, dianugerahi bantuan dana penelitian senilai Rp 70 juta.

Hingga saat ini, terdapat 17 orang Fellows yang terdiri dari 14 orang peneliti bidang Life Sciences dan 3 orang peneliti bidang Material Sciences.

“Melalui program ini, L’Oreal ingin memperlihatkan kepada dunia bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi yang layak disandingkan dengan perempuan peneliti terkemuka dari belahan dunia lainnya. Setiap tahunnya L’Oreal Indonesia akan mengajukan satu orang Fellow untuk berkompetisi di ajang L’Oreal Internasional Fellowship For Women In Science. Harapan kami, program ini akan semakin menempatkan perempuan Indonesia dalam posisi prestisius di mata dunia,” tutur Melanie.

Sementara itu, L’Oreal Foundation dan UNESCO belum lama ini mengumumkan lima Laureate atau perempuan peneliti yang berhasil mendapatkan L’Oreal-UNESCO Award 2011.
Masing-masing Laureate yang terpilih dari 5 benua tersebut dinilai layak mendapatkan penghargaan prestisius ini atas kontribusi penelitian dan kekuatan komitmen mereka, serta pengaruh penelitiannya bagi dunia.

Penganugerahan L’Oreal-UNESCO Award 2011 akan berlangsung pada tanggal 3 Maret 2011 di kantor pusat UNESCO di Paris. Setiap Laureate akan mendapatkan penghargaan senilai US$ 100.000 atas kontribusi mereka terhadap sains.

Kelima Laureate tersebut adalah Profesor Faiza AL-KHARAFI, seorang profesor ahli kimia dari Universitas Kuwait, di wilayah Afrika dan Saudi Arabia; Profesor Vivian Wing-Wah YAM, seorang profesor kimia dan energi dari Universitas Hong Kong di wilayah Asia Pasifik; Profesor Anne

L’HUILLIER, seorang profesor Fisika Atom dari Universitas Lund, Swedia di wilayah Eropa; Profesor Silvia TORRES-PEIMBERT, seorang profesor emeritus dari Institut Astronomi, Universitas City of Mexico, di wilayah Amerika Latin ; dan Profesor Jillian BANFIELD, seorang profesor ilmu bumi, tata planet dan lingkungan dari Universitas California, di wilayah Amerika Utara.

Laporan Wartawan Tribunnews, Eko Sutriyanto

Sumber: tribunnews, Sabtu, 13 November 2010 17:29 WIB

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Peran dan Kontribusi Akademisi Lokal Perlu Ditingkatkan

Hasil riset akademisi memerlukan dukungan akses pasar. Kolaborasi perguruan tinggi dan industri perlu dibangun sedini ...

%d blogger menyukai ini: