Home / Berita / Revolusi Digital Pengaruhi Pekerjaan, Generasi Muda Perlu Disiapkan

Revolusi Digital Pengaruhi Pekerjaan, Generasi Muda Perlu Disiapkan

Dunia kerja mengalami perubahan dengan hadirnya teknologi informasi dan komunikasi. Ada sejumlah pekerjaan yang akan hilang, tetapi ada juga peluang pekerjaan baru yang bakal muncul. Karena itu, generasi muda perlu dipersiapkan dengan kualifikasi pendidikan dan keterampilan yang cukup agar mampu memenuhi tuntutan dunia kerja yang berkembang saat ini.

Christophe Bahuet, Direktur Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) Indonesia, dalam jumpa pers terkait Laporan Pembangunan Manusia 2015, di Jakarta, Selasa (15/12), mengatakan, pekerjaan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Namun, pekerjaan yang sekadar “pekerjaan” tidak mampu mendorong pembangunan manusia.

“Pekerjaan tidak hanya untuk mendapatkan income atau pendapatan, tetapi juga pekerjaan yang menjamin kesejahteraan dan berkelanjutan dapat mendorong pembangunan manusia,” kata Christophe.

Laporan Pembangunan Manusia 2015 bertajuk “Berkarya untuk Pembangunan Manusia” yang diluncurkan UNDP di Etiopia, Selasa kemarin, menyebutkan tidak ada tautan otomatis antara karya dan pembangunan manusia. Namun, karya atau pekerjaan yang berkualitaslah yang dapat mendorong pembangunan manusia.

Tahun ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia berada pada urutan ke-110, sama dengan posisi Gabon. Indonesia masuk dalam kategori pembangunan manusia tingkat medium. Indikator yang dipakai dalam mengukur IPM angka harapan hidup (68,9), harapan tahun bersekolah (13), rata-rata waktu sekolah yang sudah dijalani oleh orang berusia 25 tahun ke atas (7,6), serta pendapatan nasional bruto per kapita sebesar 9.788.

857330eb5eac4a39954ddde431611076KOMPAS/SRI REJEKI–Kepala Cabang Perum Perusahaan Percetakan Negara Republik Indonesia Santa Wahyudi Soetama yang membawahkan perusahaan rekaman Lokananta sedang mengamati proses digitalisasi musik dari kaset, beberapa waktu lalu. Perusahaan rekaman pertama di Indonesia ini berkeinginan bangkit dan bersaing dengan perusahaan serupa dengan merekam ulang album-albumnya yang pernah sukses di pasaran dan menjualnya dalam bentuk compact disc. Untuk tahap awal, direkam ulang lima album seri gamelan Jawa Tengah.

Dunia bekerja mengalami sejumlah tantangan yang menghambat kontribusinya dalam pembangunan manusia. Adanya pekerja anak, buruh paksa, dan pekerja korban perdagangan manusia semuanya merupakan pelanggaran berat hak asasi manusia. Ada pula pekerja yang beraktivitas dalam kondisi berbahaya menghadapi risiko penderaan, kerawanan, dan kehilangan kebebasan dan kemandirian yang bukan main besarnya.

Revolusi digital
Dalam Laporan Pembangunan Manusia 2015 juga disoroti kaitan revolusi digital dengan pekerjaan. Dunia kerja menuntut pekerja dengan pendidikan dan keterampilan yang tinggi. Adapun para pekerja dengan keterampilan minim yang mengerjakan tugas-tugas rutin terancam.

“Yang penting, generasi muda dipersiapkan dengan kualifikasi yang bagus, yang sesuai dengan dunia kerja saat ini. Tiap negara harus mengatasi kesenjangan dalam pembangunan, semisal pendidikan, supaya kualitasnya sama. Terutama untuk kelompok-kelompok target, seperti kelompok miskin atau daerah tertinggal, harus ditingkatkan supaya terjadi pemerataan,” kata Christophe.

Hary Seldadyo Gunardi, analis senior untuk pembangunan manusia, SDGs, dan pengentasan dari kemiskinan UNDP Indonesia, mengatakan, IPM Indonesia mengalami kemajuan. Dalam dunia pekerjaan, misalnya, adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang juga terbuka untuk menjamin pekerja sektor informal memberikan harapan bahwa Indonesia menempatkan perhatian kepada manusia.

Demikian juga dengan kebijakan dalam sektor pembangunan manusia. Untuk pendidikan, pemerintah tetap dengan komitmen mengalokasikan 20 persen anggaran pendidikan dari APBN. Peningkatan kesehatan juga menjadi perhatian.

“Indikator pembangunan manusia ini bisa dilihat jangka panjang. Ada harapan pemerintah sekarang mendorong peningkatan IPM Indonesia untuk terus maju hingga bisa ke level negara maju,” ujar Harry.

ESTER LINCE NAPITUPULU

Sumber: Kompas Siang | 15 Desember 2015

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

%d blogger menyukai ini: