Pemanfaatan Biota Laut Dukung Kemandirian Pangan

- Editor

Jumat, 16 Maret 2018

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemanfaatan biota laut seperti spirulina dan diversifikasi produk olahan berbasis sumber daya ikan mendukung kemandirian pangan. Untuk itu, perlu terobosan yang inovatif serta kreatif dalam menggunakan bahan baku kaya nutrisi, aman, dan terjangkau oleh masyarakat.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, Tri Winarni Agustini menyampaikan hal itu dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar Undip, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/3). Dengan diversifikasi pangan, masyarakat dapat memilih dalam mengonsumsi produk yang bermanfaat bagi tubuh.

“Spirulina sangat potensial sebagai bahan pangan di Indonesia karena tidak berisiko dan budidayanya yang tidak rumit. Kandungan gizi yang ada sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” jelas Tri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Spirulina adalah mikroalga multisel berprotein tinggi dengan kadar asam amino 62 persen; vitamin A, B1, B2, dan B12; serta asam lemak esensial dan asam linolenic yang tak dapat disintesis tubuh manusia. Spirulina umumnya dikonsumsi sebagai suplemen makanan, baik dalam serbuk (kapsul) maupun tablet.

KOMPAS/LASTI KURNIA–Biota laut di perairan Tanjung Layar, Ujung Kulon, Banten, Minggu (14/8/2017).

Tri menambahkan, pengembangan produk berbasis Spirulina sudah dilakukan di Undip antara lain berupa es krim, keju, yoghurt, dan mi kering. Kendati demikian, penambahan Spirulina pada berbagai jenis pangan masih ada keterbatasan karena faktor aroma. Sebab, biasanya aroma khas laut kurang disukai.

Selain Spirulina, kata Tri, pemanfaatan limbah perikanan, seperti kulit udang, cangkang kepiting, cangkang kerang, tinta cumi-cumi, dan kulit ikan, perlu dikembangkan. Hal itu juga mendukung kebijakan sistem zero waste management. Artinya, satu unit pengolahan ikan diharapkan seminimal mungkin menyisakan limbah.

Pangan masa depan
Tri mengemukakan, dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), potensi sumber daya ikan Indonesia pada 2016 adalah 23,5 juta ton. Dari potensi tersebut, dijadikan produk olahan, dijual segar, dan ekspor. Adapun tingkat konsumsi ikan di Indonesia pada 2017 yakni 43,88 kilogram (kg) per kapita per tahun, lebih rendah dari Malaysia dan Myanmar (50 kg per kapita per tahun).

Produk olahan ikan didorong untuk tak hanya berorientasi menjadi ikan asin, ikan pindang, ikan kaleng, dan ikan beku, tetapi menuju produk baru. “Perlu dicari terobosan baru yang inovatif dan kreatif. Sumber daya ikan ini berpotensi sebagai sumber pangan masa depan. Penerapan penganekaragaman pangan penting,” katanya.

Menurut Tri, kandungan nutrisi yang terkandung pada sumber daya ikan, seperti protein, lemak (asam lemak w-3), vitamin, mineral, serta bahan-bahan bioaktif yang terkandung potensial dimanfaatkan sebagai pangan fungsional. Selain itu, juga dikembangkan menjadi beberapa produk novel food atau yang belum banyak dikonsumsi masyarakat.

Adapun pengukuhan Tri Winarni sebagai Guru Besar Undip dalam Bidang Ilmu Diverfsifikasi Hasil Perikanan berbarengan dengan dua pengajar Undip lainnya, Syafrudin dan Naili Farida. Syafrudin dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknik Lingkungan, sedangkan Naili Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Niaga.

Rektor Undip Yos Johan Utama menyampaikan, di tengah lajunya industri dunia dengan revolusi keempat dengan dampak disruptifnya, para civitas akademika wajib adaptif terhadap perkembangan dunia itu. “Itu dengan terus menerus melakukan riset dan pengkajian terbarukan. Inovasi sangatlah penting,” katanya.

Yos menambahkan, esensi dari jabatan guru besar yakni kemampuan untuk mencetak karya-karya baik untuk kemaslahatan umat manusia. Adapun kini Undip telah memiliki 116 guru besar aktif. Sepanjang 2018, ditargetkan lahir 50 guru besar baru di Undip.–ADITYA PUTRA PERDANA

Sumber: Kompas, 16 Maret 2018

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 19 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB