Home / Berita / Transjakarta Uji Coba Halte Ramah Lingkungan

Transjakarta Uji Coba Halte Ramah Lingkungan

Badan Layanan Umum Transjakarta meluncurkan halte ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi tenaga surya. “Bisa mengurangi 80 persen konsumsi listrik di halte,” kata Kepala BLU Transjakarta Pargaulan Butarbutar seusai peluncuran “halte ramah lingkungan” ini pada Senin, 2 September 2013, di halte Transjakarta Polda. Program ini merupakan corporate social responsibility dari PT Eco Energi Persada.

Menurut Pargaulan, program ini masih dalam tahap uji coba. Sekitar dua bulan alat berbentuk panel selebar 8 meter persegi yang ditanam di atas atap halte tersebut akan dipantau efektivitasnya. Setelah itu, Transjakarta akan melakukan evaluasi. Jika hasilnya positif, akan dipasang di halte Transjakarta lainnya. Saat ini alat tersebut baru dipasang di halte Polda.

Hanya, menurut Pargaulan, alat ini punya syarat tertentu untuk pemasangan. Yaitu titik halte tersebut harus terpapar sinar matahari secara penuh. “Selain itu, malam hari, halte tetap menggunakan listrik,” ujarnya.

SYAILENDRA

Sumber: Koran Tempo, Senin, 02 September 2013 | 13:46 WIB
—————–
Phillips Pasang Lampu Ramah Lingkungan di Halte TransJakarta

Royal Philips dan PT Eco Energi Persada (EEP) menciptakan pilot project untuk mendukung Jakarta yang nyaman dan hemat energi. Salah satu yang bakal jadi sasaran proyek tersebut yaitu halte TransJakarta.

Rencananya, Philips bakal memberikan solusi pencahayaan dengan teknologi LED yang hemat listrik hingga 85 persen dengan waktu 15 tahun.

“Dengan pencahayaan ini maka akan tercipta sebuah kota yang nyaman dan hemat energi. Salah satunya yaitu memberikan kenyamanan kepada penumpang di Halte Bus TransJakarta,” ujar Robert Fletcher, Presiden Direktur Phillips Indonesia, Senin (2/9/2013).

Bernardus Djonoputro, Managing Director PT EEP, menyambut baik kerja sama ini karena akan memberikan perubahan dalam penggunaan energi listrik.

“Perubahan ini menandakan solusi kami dalam mengembangkan teknologi hijau terbarukan dan mendukung penghematan energi listrik,” katanya. Saat ini, Phillips baru menerangi halte TransJakarta di Pejaten, Jakarta Selatan.

Sumber: Tribunews, Senin, 2 September 2013 11:08 WIB

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Balas Budi Penerima Beasiswa

Sejumlah anak muda bergerak untuk kemajuan pendidikan negeri ini. Apa saja yang mereka lakukan? tulisan ...

%d blogger menyukai ini: