Ponsel Penyumbang Utama Popularitas Internet

- Editor

Rabu, 27 Juni 2012

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tingginya pemakaian telepon seluler di Indonesia selama dua tahun terakhir telah menjadi penyumbang utama popularitas penggunaan internet di Indonesia.

Demikian salah satu hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index keempat. Studi ini merupakan studi inovatif mengenai perilaku pengguna internet sekaligus menyajikan gambaran besar strategi mengenai pengguna internet di Indonesia, yang diumumkan di Jakarta, Selasa (26/6).

Hadir pada penjelasan media di Kantor Yahoo Indonesia, Sentra Senayan II, antara lain Direktur Pemasaran Yahoo Indonesia Roy Arnold Simangunsong, Pemimpin Yahoo Wilayah India dan Asia Tenggara David Jeffs, Pemimpin Strategi dan Riset Yahoo Asia Tenggara Samid Vyas, dan Penasihat Teknis TNS Indonesia Hansal Savla.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam studi ini, responden dipilih menggunakan teknik multistage probability sampling. Ada 3.365 responden dari survei media umum dan 1.762 dari survei internet media dari sejumlah kota besar di Indonesia. Penelitian dilakukan Desember 2011 sampai Januari 2012.

Lebih jauh hasil studi menyatakan, telepon seluler (ponsel) yang sejak tahun lalu mengambil alih posisi warung internet kini telah menjadi alat pengakses internet dominan (62 persen).

Sementara itu, lama waktu mengakses internet melalui ponsel meningkat 2 jam per minggu, dari sebelumnya 8 jam pada 2011 menjadi 10 jam pada 2012.

Hasil studi lainnya, pengguna internet juga bergeser tidak hanya kaum muda. Mereka yang berumur 30-50 tahun mulai ikut menggunakan internet. Bahkan, pengguna internet yang berumur 35-39 tahun meningkat dari 13 persen (2008) menjadi 52 persen (2012).

Pertumbuhan lebih tinggi terlihat di kota besar, seperti Semarang (43 persen), Palembang (64 persen), dan Makassar (59 persen). Pengguna pun mulai beralih pada internet mobile.

Dari sisi konten, berita soal hiburan dan selebritas menjadi salah satu yang banyak dicari masyarakat (40 persen) selain kegiatan mengunggah dan mengunduh data tentang musik (39 persen).

Hal lain menunjukkan bahwa penggunaan jejaring sosial ternyata menunjukkan tidak banyak pergerakan pada tahun 2012.

Sementara itu, menurut David Jeffs, pengaruh ponsel sebagai media ketiga setelah televisi dan komputer telah memberikan peluang bagi pengiklan dalam rangka mengampanyekan produk mereka. (WER)

Sumber: Kompas, 27 Juni 2012

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru
Petungkriyono: Napas Terakhir Owa Jawa dan Perlawanan Sunyi dari Hutan yang Tersisa
Zaman Plastik, Tubuh Plastik
Suara yang Menggeser Tanah: Kisah dari Lereng yang Retak di Brebes
Kalender Hijriyah Global: Mimpi Kesatuan, Realitas yang Masih Membelah
Mikroalga: Si Hijau Kecil yang Bisa Jadi Bahan Bakar Masa Depan?
Wuling: Gebrakan Mobil China yang Serius Menggoda Pasar Indonesia
Boeing 777: Saat Pesawat Dirancang Bersama Manusia dan Komputer
Berita ini 4 kali dibaca

Informasi terkait

Sabtu, 5 Juli 2025 - 07:58 WIB

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Rabu, 2 Juli 2025 - 18:46 WIB

Petungkriyono: Napas Terakhir Owa Jawa dan Perlawanan Sunyi dari Hutan yang Tersisa

Jumat, 27 Juni 2025 - 14:32 WIB

Zaman Plastik, Tubuh Plastik

Jumat, 27 Juni 2025 - 08:07 WIB

Suara yang Menggeser Tanah: Kisah dari Lereng yang Retak di Brebes

Sabtu, 14 Juni 2025 - 06:58 WIB

Mikroalga: Si Hijau Kecil yang Bisa Jadi Bahan Bakar Masa Depan?

Berita Terbaru

Artikel

AI Membaca Kehidupan: Dari A, T, C, G ke Taksonomi Baru

Sabtu, 5 Jul 2025 - 07:58 WIB

Artikel

Zaman Plastik, Tubuh Plastik

Jumat, 27 Jun 2025 - 14:32 WIB