Evolusi Digital untuk Dorong Pertumbuhan

- Editor

Selasa, 19 Januari 2016

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Evolusi industri ritel nasional perlu terus didorong untuk menopang pertumbuhan industri ritel dan ekonomi nasional. Perubahan itu antara lain dengan memanfaatkan perkembangan internet, dalam bentuk perdagangan secara elektronik atau e-dagang, media dalam jaringan atau daring, dan perjalanan wisata.

Hal itu mengemuka dalam pembukaan Internet Retailing Expo Asia 2017 di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Rabu (18/1). Pameran yang menghadirkan 75 penyedia solusi infrastruktur dan digital, pembayaran digital, serta 80 peritel multikanal dan e-dagang itu berlangsung hingga Kamis (19/1) ini.

Managing Director Clarion Events Asia Richard Ireland mengatakan, Asia Tenggara merupakan pasar internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Tahun ini, penggunanya mencapai 260 juta orang, yang pada 2020 diperkirakan bertambah menjadi 489 juta orang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tiga industri yang menopang pertumbuhan internet adalah e-dagang, media daring terutama periklanan dan gim, serta perjalanan wisata. Dari tiga sektor itu, e-dagang tumbuh paling cepat, yaitu 32 persen per tahun.

“Industri ritel dapat memanfaatkan potensi pasar itu dengan masuk ke dalam e-dagang. Apalagi pada 2030 jumlah orang yang memiliki pekerjaan di Indonesia meningkat menjadi 280 juta. Mereka adalah generasi pengguna internet,” ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengemukakan, saat ini baru ritel berjejaring besar yang memanfaatkan e-dagang. Jumlahnya baru sekitar 60 persen dari sekitar 600 anggota Aprindo. Mayoritas peritel yang belum masuk dalam sektor e-dagang adalah peritel lokal. Mereka yang berada di daerah-daerah itu masih belum siap dengan sistem, sumber daya manusia, dan permodalan untuk masuk e-dagang.

Menurut Roy, kontribusi ritel e-dagang juga masih kecil. Dari rata-rata omzet ritel nasional sebesar Rp 200 triliun per tahun, kontribusi ritel e-dagang 8 persen-9 persen, yaitu Rp 16 triliun- Rp 18 triliun per tahun.

Adapun berdasarkan Global Retail Development Index (GRDI) AT Kearney pada 2016, penjualan seluruh ritel Indonesia, baik modern maupun tradisional, sebesar 324 miliar dollar AS. Jumlah itu setara dengan Rp 4.318 triliun. Pertumbuhan ritel tersebut 2,3 persen per tahun dengan kontribusi sektor e-dagang kurang dari 1 persen.

“Indonesia menempati peringkat kelima di bawah Tiongkok, India, Malaysia, dan Kazakhstan. Pada tahun ini, kontribusi ritel berbasis e-dagang diproyeksikan meningkat menjadi 1,2 persen,” kata dia.

Chief Operating Officer PT MAP S Ravi Kumar mengemukakan, e-dagang merupakan peluang bagi peritel untuk mengembangkan usaha. Gaya hidup konsumen yang banyak menggunakan internet dan telepon pintar membawa industri ritel berevolusi ke ritel digital.

Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Armand W Hartono menyebutkan, untuk menopang e-dagang dan keuangan digital, BCA mengembangkan aplikasi pendukung pebisnis ritel terkoneksi dengan layanan perbankan secara digital. (HEN)
——————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Januari 2017, di halaman 20 dengan judul “Evolusi Digital untuk Dorong Pertumbuhan”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 1 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB