Berbagi Hal Positif di Tagar #RI70

- Editor

Rabu, 19 Agustus 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Wahyu Aditya, komikus, Teguh Wicaksono, Manajer Kerja Sama Twitter Indonesia, dan Shafiq Pontoh, penggerak kegiatan sosial, dalam peluncuran kampanye #RI70, Rabu (12/8). Twitter meluncurkan kampanye tersebut untuk mendorong munculnya konten positif di linimasa media sosial



Kompas/Didit Putra Erlangga Rahardjo (ELD)

Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Wahyu Aditya, komikus, Teguh Wicaksono, Manajer Kerja Sama Twitter Indonesia, dan Shafiq Pontoh, penggerak kegiatan sosial, dalam peluncuran kampanye #RI70, Rabu (12/8). Twitter meluncurkan kampanye tersebut untuk mendorong munculnya konten positif di linimasa media sosial Kompas/Didit Putra Erlangga Rahardjo (ELD)

Sejak awal bulan Agustus, pengguna layanan mikroblog Twitter tanah air akan menemukan tagar #RI70 yang bersliweran di linimasa mereka. Kontennya beragam seperti gambar tempat wisata di sekitar pengunggah gambar, atau kegiatan yang tengah dilakukan.

Berdasarkan layanan analisa Topsy, intensitas penggunaan tagar #RI70 terus meningkat dari 1 Agustus hingga disebut hingga 6.510 kali pada hari Rabu (12/8). Begitu pula layanan One Million Tweet Map yang memaparkan persebaran tweet dengan tagar tersebut berasal dari berbagai pulau seperti Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

Antusiasme warga internet untuk meramaikan tagar ini juga diikuti oleh Presiden Joko Widodo yang bercuit melalui akun Twitter resminya, @jokowi, dan direspon dengan retweet sebanyak 2.000 kali. Beberapa akun prominen dengan jumlah pengikut banyak juga mengajak untuk berbagi hal serupa tanpa melewatkan tagar #RI70. Beberapa konten yang mereka ajak

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Insentif lain bagi pengguna untuk memakai tagar ini adalah munculnya ikon dari logo peringatan 70 tahun kemerdekaan RI di samping tagar atau bendera Indonesia bila mencantumkan tagar #Indonesia. Fitur ini hanya berlaku sementara dalam waktu tertentu dan lazim dilakukan Twitter untuk mempromosikan kegiatan tertentu.

Ikon atau logo yang muncul otomatis di belakang tagar #Indonesia dan #RI70 tersebut disebut Tweeter emoji atau hashflag. Teguh Wicaksono, Manajer Kerjasama Twitter Indonesia, mengatakan, Twitter emoji tersebut baru muncul pada 10 Agustus lalu.

 

Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Wahyu Aditya, komikus, Teguh Wicaksono, Manajer Kerja Sama Twitter Indonesia, dan Shafiq Pontoh, penggerak kegiatan sosial, dalam peluncuran kampanye #RI70, Rabu (12/8). Twitter meluncurkan kampanye tersebut untuk mendorong munculnya konten positif di linimasa media sosial Kompas/Didit Putra Erlangga Rahardjo (ELD)
Hikmat Hardono, Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar, Wahyu Aditya, komikus, Teguh Wicaksono, Manajer Kerja Sama Twitter Indonesia, dan Shafiq Pontoh, penggerak kegiatan sosial, dalam peluncuran kampanye #RI70, Rabu (12/8). Twitter meluncurkan kampanye tersebut untuk mendorong munculnya konten positif di linimasa media sosial
Kompas/Didit Putra Erlangga Rahardjo (ELD)

“Twitter emoji untuk #Indonesia dan #RI70 tersebut diberikan hanya terkait event, jadi bukan selamanya,” kata Teguh. Twitter akan menonaktifkan emoji tersebut setelah tanggal 18 Agustus.

Munculnya tagar tersebut bersamaan dengan emojinya merupakan kampanye yang digalang oleh perwakilan Twitter di Indonesia. Diluncurkan pada hari Rabu ini, mereka ingin pengguna layanan tersebut memperingati momen kemerdekaan dengan berbagai hal-hal positif tentang Indonesia.

Priscila Carlita, Manajer Komunikasi Twitter Indonesia, mengutarakan bahwa kampanye #RI70 adalah gerakan kolaborasi dari para pengguna Twitter untuk berbagi hal-hal yang baik mengenai Indonesia dan berharap bahwa konten tersebut bisa tersebar luas ke linimasa.

“Kami tidak ingin berhenti pada medium informasi yang terjadi pada saat ini juga, tapi juga wadah untuk menghasilkan konten yang optimistis dan saling menyemangati,” kata Priscila.

Sambut Dirgahayu #RI70 dengan optimis. Ayo raih impian #Indonesia. Bangga jadi warga NKRI! -Jkw pic.twitter.com/8ByLKeHA9t

— Joko Widodo (@jokowi) August 10, 2015
tolong dibagi dong, daerah wisata yang bagus di tempat tinggal kalian. twitpic, mention saya. nanti saya ritwit. #RI70

— SOLEH SOLIHUN (@solehsolihun) August 7, 2015
Tweet & segala yang di retweet @solehsolihun bikin bingung milih destinasi tujuan wisata… #RI70

— André B. Sihombing (@andreadoublez) August 9, 2015
Apa wujud cintamu utk Indonesia? Tweet jawabanmu dg hashtag #RI70 & menangkan 20 hadiah menarik dari @KPK_RI pic.twitter.com/tuoDJc90Um

— Kanal KPK (@kanal_kpk) August 12, 2015
Just knew everytime tweet with hashtag #RI70 there will be free flag for celebrated national day later on twitter wow!!! Twitter

— Uisaokke (@uisaokke_QoA) August 10, 2015
Teguh Wicaksono, Manajer Kerjasama Twitter Indonesia, mengungkapkan bahwa mereka menyiapkan situs di www.nyalakanindonesia.com untuk menampilkan konten-konten dengan tagar tersebut. Dia memastikan bahwa mereka mengkurasi konten yang muncul di linimasa sebelum ditampilkan.

Setiap hari setidaknya akan ada 70 konten pilihan yang akan ditampilkan di dalam situs ini. Teguh mengatakan,

Tunggu apa lagi? Bagikan hal positif dengan tagar #RI70.

DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO

Sumber: Kompas Siang | 12 Agustus 2015

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 7 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB