Home / Berita / Waspadai Penyebaran Supergonore

Waspadai Penyebaran Supergonore

Dokter di Inggris mengingatkan potensi penyebaran supergonore (super-gonorrhea) yang tak mampu diatasi dengan antibiotik yang ada. Gonore ialah penyakit infeksi menular seksual (IMS) disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae dan disebarkan lewat seks vagina, oral, dan anal tanpa pelindung. Selama ini gonore diobati dengan kombinasi antibiotik azitromisin dan seftriakson.

Kini, resistensi azitromisin menyebar dan resistensi seftriakson menunggu waktu. Kasus supergonore pertama ditemukan di Leeds tahun lalu dan menyebar ke sejumlah wilayah Inggris. Semula, supergonore ditemukan pada pasangan heteroseksual, tetapi kini dijumpai pada pasangan homoseksual. “Supergonore dikhawatirkan menyebar lebih cepat ke pasangan homoseksual seiring cepatnya berganti pasangan,” kata konsultan kesehatan seksual di Bristol, Inggris, Peter Greenhouse, Minggu (17/4). Pada homoseksual, gonore mudah ditemukan di tenggorokan dan memicu resistensi antibiotik lebih besar karena dosis rendah antibiotik dan banyak bakteri lain di tenggorokan. Gonore tak terobati memicu kemandulan, radang panggul, dan menular ke janin. (BBC/MZW)
————–
Kaltim Kekurangan Lembaga Konservasi Satwa

Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara masih kekurangan lembaga konservasi untuk menampung satwa sitaan yang umumnya berstatus dilindungi. Bahkan, di seluruh Kalimantan belum ada pusat penyelamatan satwa milik negara. Penempatan satwa sitaan akhirnya merepotkan. “Lembagalembaga konservasi mulai kelebihan kapasitas. Pemindahan satwa sitaan kami, yang idealnya secepat dan sedekat mungkin, jadi sulit,” kata Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Kaltim Suriawati Halim di Balikpapan, Selasa (19/4). Saat ini, ada beberapa lembaga konservasi di Kaltim dan Kaltara, yakni Pusat Reintroduksi Orangutan Samboja Lestari milik Yayasan Borneo Orangutan Survival di Kutai Kartanegara, Gunung Bayan Lestari di Kutai Barat, Samarinda Golden Prima, dan penangkaran cucakrowo di Balikpapan. Selain itu, ada dua lokasi penangkaran rusa sambar di Penajam Paser Utara dan Pertamina Balikpapan. Samboja Lestari, sekitar 40 km dari Balikpapan, yang khusus menampung orangutan, akhirnya menerima titipan beruang madu. Saat ini ada 206 orangutan dan 46 beruang madu di Samboja Lestari. Jumlah itu sudah berlebih. (PRA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 20 April 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Melihat Aktivitas Gajah di Terowongan Tol Pekanbaru-Dumai

Sejumlah gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) melintasi Sungai Tekuana di bawah terowongan gajah yang dibangun ...

%d blogger menyukai ini: