Home / Berita / Perguruan Tinggi Agen Inovasi

Perguruan Tinggi Agen Inovasi

Penelitian yang menjadi salah satu peran penting perguruan tinggi di Indonesia masih minim. Perguruan tinggi perlu didorong meningkatkan riset untuk menghasilkan inovasi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

“Peran perguruan tinggi sebagai agen inovasi penting. Perguruan tinggi diharapkan lebih responsif dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas riset,” ujar Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad dalam Dies Natalis Ke-61 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Senin (18/1), di Bandung.

Intan mengatakan, hasil riset perguruan tinggi Indonesia yang sudah dipublikasikan secara internasional sekitar 5.600 publikasi pada 2015. Menurut dia, jumlah itu masih sedikit mengingat Indonesia memiliki lebih dari 4.000 perguruan tinggi.

“Singapura saja jumlahnya tiga-empat kali lebih banyak dari Indonesia. Malaysia juga mengalami perkembangan yang sangat baik dalam hal riset,” ujarnya.

Disparitas
Menurut Intan, terjadi disparitas di antara perguruan tinggi di Indonesia. Pasalnya, kualitas beberapa perguruan tinggi cukup baik dan memiliki akreditasi internasional, tetapi masih banyak juga perguruan tinggi yang mutunya belum memuaskan.

“Ini tugas kita semua, termasuk perguruan tinggi, untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan begitu, perguruan tinggi bisa menghasilkan sumber daya manusia berkualitas,” ujarnya.

Intan mengatakan, beberapa negara di Asia, seperti Tiongkok, India, Jepang, Korsel, Singapura, Malaysia, dan Thailand, sudah menyadari pentingnya riset di perguruan tinggi. Negara-negara itu mengembangkan ekonomi berbasis pengetahuan dengan mengintegrasikan perguruan tinggi, industri, dan pemerintah.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang dalam sambutannya mengatakan, Unpar terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Dia memandang semakin banyaknya jumlah perguruan tinggi sebagai tantangan untuk berbenah, satu di antaranya meningkatkan riset untuk menghasilkan inovasi.

“Peningkatan standar mutu pendidikan penting. Selain itu, kami akan menguatkan nilai-nilai dasar Unpar untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin besar,” ujarnya. (TAM)
—————
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Januari 2016, di halaman 12 dengan judul “Perguruan Tinggi Agen Inovasi”.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

x

Check Also

Hujan Menandai Kemarau Basah akibat Menguatnya La Nina

Hujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya belum menjadi penanda berakhirnya kemarau atau datangnya musim ...

%d blogger menyukai ini: