Para remaja enggan bekerja sama dan memenuhi permintaan ibu mereka jika disampaikan dengan intonasi suara yang mengendalikan.
KOMPAS/DEONISIA ARLINTA–Sejumlah siswa usia remaja dari beberapa sekolah di DKI Jakarta berkumpul untuk mengikuti seminar kesehatan dan gizi remaja di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (15/5/2018).
Remaja enggan bekerja sama dan memenuhi permintaan ibu mereka jika komunikasi disampaikan dengan intonasi suara yang mengendalikan, yakni berbicara dengan anak lelaki atau perempuan dengan nada menekan juga disertai serangkaian emosi negatif dan lebih sedikit perasaan kedekatan.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Studi eksperimental melibatkan lebih dari 1.000 remaja berusia 14-15 tahun ini merupakan pertama kali dilakukan untuk memeriksa sejauh mana respons subyek penelitian terhadap nada suara saat menerima instruksi dari ibu mereka, bahkan ketika kata-kata spesifik yang digunakan sama.
”Jika orangtua ingin berbincang dengan anak remaja mereka untuk mendapat manfaat paling besar, penting untuk menggunakan nada suara yang mendukung. Itu mudah dilupakan para orangtua, khususnya jika mereka sedang mengalami stres, letih, atau tertekan,” tutur Dr Netta Weinstein dari Cardiff University yang memimpin studi itu.
Jika orangtua ingin berbincang dengan anak remaja mereka untuk mendapat manfaat paling besar, penting untuk menggunakan nada suara yang mendukung.
Studi itu menunjukkan, subyek riset cenderung mengikuti instruksi yang disampaikan dengan dukungan untuk ekspresi diri dan pilihan mereka. Hasilnya, meski menarik bagi orangtua, itu juga relevan bagi para guru sekolah untuk memakai bahasa yang lebih memotivasi agar bisa memengaruhi pembelajaran dan kesejahteraan siswa di ruang kelas mereka.
”Remaja cenderung lebih peduli dan lebih bahagia sehingga mereka berusaha lebih keras di sekolah ketika orangtua dan guru mereka berbicara dengan nada mendukung daripada nada suara yang menekan,” kata Weinstein, sebagaimana dikutip Sciencedaily, Jumat (27/9/2019).
KOMPAS–Darmawan memeluk kedua orangtuanya seusai pelantikan Prasetya Perwira TNI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (14/7).
Studi baru yang dipublikasikan pada Kamis (26/9/2019), dalam jurnal Develomental Psychology, melibatkan 1.000 remaja, terdiri dari 486 lelaki dan 514 perempuan, berusia 14-15 tahun. Setiap subyek secara acak ditugasi ke kelompok yang akan mendengar pesan identik yang disampaikan ibu mereka dalam nada suara mengendalikan, mendukung otonomi, dan netral.
Ekspresi kontrol
Ekspresi kontrol memberi tekanan dan upaya guna memaksa atau mendorong pendengar untuk bertindak. Sebaliknya, mereka yang mengekspresikan dukungan otonomi menyampaikan dukungan pendengar memilih dan mengekspresikan diri.
Setiap ibu menyampaikan 30 kalimat yang berpusat seputar tugas sekolah, termasuk instruksi, seperti ”kini, waktunya untuk pergi ke sekolah”, ”kami akan membaca buku ini malam ini”, dan ”kamu akan mengerjakan tugas ini dengan baik”.
Setelah pengiriman pesan, setiap pelajar disurvei dan menjawab pertanyaan tentang perasaan mereka jika ibu mereka sendiri berbicara kepada mereka dengan cara tertentu. Temuan menunjukkan, nada suara yang digunakan ibu bisa berdampak signifikan terhadap tanggapan niat emosional, relasi, dan perilaku remaja.
Remaja yang mendengarkan ibu mereka membuat pernyataan motivasi dengan nada suara yang mengendalikan kemudian merespons negatif. Sebaliknya, nada suara yang mendukung otonomi menimbulkan reaksi positif dari pendengar dibandingkan mendengarkan ibu yang memakai nada suara netral untuk menyampaikan kalimat motivasi mereka.
Rekan penulis riset, Profesor Silke Paulmann dari University of Essex, menambahkan, hasil tersebut dinilai bagus untuk menggambarkan betapa kuatnya suara kita. ”Pemilihan nada suara yang tepat untuk berkomunikasi ternyata amat penting dalam semua percakapan kita,” ujarnya.
Oleh EVY RACHMAWATI
Editor EVY RACHMAWATI
Sumber: Kompas, 28 September 2019