Manfaatkan Gawai secara Cerdas

- Editor

Kamis, 16 April 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kecanggihan teknologi komunikasi lewat gawai menciptakan gaya hidup masyarakat perkotaan yang kian aktif berhubungan satu sama lain secara daring. Namun, saat bersamaan, sensasi dunia maya justru rentan mengasingkan dan merenggangkan keterlibatan langsung antarmanusia. Perlu siasat cerdas agar kita mampu memanfaatkan telepon pintar demi kemajuan, tanpa menghilangkan sentuhan nyata.
Gaya hidup bentukan gawai itu terlihat di ruang-ruang publik di kota besar, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Di sebuah kafe di mal di Jakarta, Selasa (14/4), misalnya, lima orang duduk di sofa. Namun, masing-masing sibuk memainkan telepon seluler (ponsel) mereka. Kok begitu? “Ini sambil nunggu teman lain,” kata ?Zmereka berkilah.

Di satu restoran di Serpong, Tangerang Selatan, satu keluarga tengah makan bersama, tetapi saat itu masing-masing juga sibuk memainkan ponsel. Jarang terlihat obrolan bersama.

“Saya harus pakai WA (WhatsApp) untuk mendapat perhatian dari anak yang sibuk dengan gawainya. Padahal, dia ada di seberang meja,” demikian curahan hati seorang ibu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Masyarakat perkotaan kini seakan kecanduan gawai, terutama ponsel. Sambil jalan kaki di trotoar, bahkan sambil mengendarai sepeda motor, mereka bisa nyambi membalas pesan singkat. Begitu pula saat mereka antre di anjungan tunai mandiri (ATM) sambil pencet ponsel, di dalam mobil pencet tablet, di kamar tidur pencet laptop, di kafe pencet iPod.

“Kalau ponsel mati, rasanya seperti tidak ada kehidupan,” kata pecatur putri nasional Dita Karenza (15) menggambarkan ketika ponselnya mati saat butuh menelepon teman.

Ketidakpekaan
Kian hilangnya sentuhan sosial langsung itu biasa disebut electronic displays of insensitivity (EDI) atau “ketidakpekaan akibat layar elektronik”. Fenomena ini menggejala seiring dengan kepemilikan gawai yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Tak hanya di meja makan, EDI juga terjadi di meja pertemuan atau rapat di ruang kerja. Hampir semua orang di kota melakukan multitasking alias sibuk dengan gawai seraya mendengarkan presentasi.

Penelitian perusahaan konsultan manajemen dan layanan teknologi Accenture (yang melibatkan 3.600 profesional di 30 negara, termasuk Indonesia) mencatat, 80 persen responden melakukan multitasking terkait gawai dalam pertemuan atau konferensi. Sebanyak 66 persen mengecek surel kantor, 35 persen mengecek pesan singkat, 34 persen mengecek surel pribadi, 22 persen mengecek media sosial, serta 21 persen membaca berita dan hiburan di gawai mereka.

Menurut penelitian Joseph Grenny, pengarang buku laris New York Times: Crucial Conversations, Influencer, and Change Anything, 89 persen responden mengakui ada kerusakan hubungan akibat ketidakpekaan penggunaan teknologi. Dari studi Digital Divisiveness tahun 2014 itu, 87 persen responden mengakui EDI lebih buruk dibandingkan dengan satu tahun lalu.

Selain kerenggangan interaksi, meningkatnya penggunaan gawai juga memicu ancaman keamanan, pencurian data, peretasan, dan kejahatan maya lain.

Butuh kecerdasan
Menurut ahli ekonomi inovasi Yanuar Nugroho, budaya bentukan gawai bersifat paradoksal (bertentangan). Gawai menghubungkan individu manusia sekaligus mengasingkannya dari kenyataan di sekitarnya. Gawai memberdayakan publik dan membangun jaringan antarmanusia, tetapi juga mengurangi keterlibatan sosial yang nyata.

Dosen psikologi sosial Universitas Tarumanagara Jakarta, Bonar Hutapea, mengungkapkan, perlu pendidikan kesadaran bersama untuk penggunaan teknologi secara cerdas, bijak, dan proporsional. Dengan begitu, masyarakat menjadi kian produktif sekaligus tetap memiliki hubungan sosial yang sehat.

Pengajar sosiologi Universitas Negeri Jakarta, Robertus Robet, mengingatkan orangtua agar membantu anak-anak dalam memanfaatkan gawai sehingga tidak mengalami ketergantungan pada dunia digital.

“Jangan biarkan anak-anak tersesat sendiri di dunia maya. Imbangi mereka dengan kehadiran nyata orangtua,” kata Robertus Robet.(RAY/IVV/MED/B02/B04)
——————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 15 April 2015, di halaman 1 dengan judul “Manfaatkan Gawai secara Cerdas”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 7 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB