Selama Ramadhan, E-Dagang Melonjak

- Editor

Rabu, 24 Juni 2015

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Melonjaknya konsumsi pada bulan puasa oleh masyarakat Indonesia juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam jaringan untuk mendongkrak penjualan mereka. Tren di luar jaringan atau luring ternyata juga berbanding lurus dengan perniagaan elektronik di internet.

Berdasarkan laporan yang disusun oleh Google Indonesia, aktivitas di internet meningkat selama bulan puasa untuk mencari informasi terkait tren busana muslim, makanan, tiket perjalanan pulang ke kampung halaman, dan berbelanja perangkat elektronik seperti telepon seluler. Selama satu bulan, dunia perniagaan elektronik menikmati peningkatan transaksi hingga 96 persen dan pendapatan sebanyak 84 persen.

Country Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna menjelaskan bahwa perilaku menggunakan internet juga berubah selama bulan puasa, yakni aktif pada dini hari atau sebelum menyantap sahur. Dari pengalaman tahun sebelumnya, lonjakan aktivitas ke situs e-dagang bisa mencapai empat kali lipat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Maraknya aktivitas internet terkait bulan Ramadhan sudah dirasakan hingga dua minggu menjelang bulan puasa, melonjak pada hari-hari awal, dan merosot begitu mendekati Idul Fitri,” ujar Henky dalam peluncuran Kampanye Lebaran Belanja Online, Selasa (23/6) petang, di Jakarta.

Sebanyak 40 perusahaan perniagaan elektronik juga menggelar kampanye “Lebaran Belanja Online” selama 10 hari, mulai 25 Juni hingga 5 Juli. Beberapa nama yang terlibat seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, Rakuten, Foodpanda, dan Elevenia. Para pelaku menawarkan layanan yang berbeda, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

“Tanggal tersebut dipilih karena berdekatan dengan para karyawan yang menerima gaji di akhir bulan Juni dan tunjangan hari raya di awal bulan Juli,” kata Kepala Pemasaran Zalora Indonesia Jo Bjordal.

Kampanye yang diikuti hingga 40 pelaku tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kegiatan bersama yang terlihat menonjol ketimbang menggelar kampanye masing-masing. Dia memperkirakan kenaikan penjualan selama bulan Ramadhan ini bakal mencapai dua hingga tiga kali lipat.

Chief Executive Officer Bukalapak.com Achmad Zaky menyebutkan, upaya pemerintah melakukan pemerataan infrastruktur jaringan komunikasi berpengaruh terhadap prospek e-dagang.

“Peningkatan penjualan kami terus terjadi. Kami berharap dapat meraih pertumbuhan hingga 40 persen selama momen ini,” kata Achmad. (MED/ELD)
—————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 24 Juni 2015, di halaman 17 dengan judul “Selama Ramadhan, E-Dagang Melonjak”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Masalah Keagenan Pembiayaan Usaha Mikro pada Baitul Maal wa Tamwil di Indonesia
Perkembangan Hidup, Teknologi dan Agama
Jembatan antara Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Manusia dalam Al-Qur’an
AI di Mata Korporasi, Akademisi, dan Pemerintah
Ancaman AI untuk Peradaban Manusia
Tingkatkan Produktivitas dengan Kecerdasan Artifisial
Menilik Pengaruh Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan
Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel
Berita ini 4 kali dibaca

Informasi terkait

Minggu, 16 Februari 2025 - 09:06 WIB

Masalah Keagenan Pembiayaan Usaha Mikro pada Baitul Maal wa Tamwil di Indonesia

Minggu, 16 Februari 2025 - 08:57 WIB

Perkembangan Hidup, Teknologi dan Agama

Minggu, 16 Februari 2025 - 08:52 WIB

Jembatan antara Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Manusia dalam Al-Qur’an

Minggu, 16 Februari 2025 - 08:48 WIB

AI di Mata Korporasi, Akademisi, dan Pemerintah

Minggu, 16 Februari 2025 - 08:44 WIB

Ancaman AI untuk Peradaban Manusia

Berita Terbaru

Berita

Perkembangan Hidup, Teknologi dan Agama

Minggu, 16 Feb 2025 - 08:57 WIB

Berita

AI di Mata Korporasi, Akademisi, dan Pemerintah

Minggu, 16 Feb 2025 - 08:48 WIB

Berita

Ancaman AI untuk Peradaban Manusia

Minggu, 16 Feb 2025 - 08:44 WIB