Pelajaran Geografi Minim Membahas Indonesia

- Editor

Rabu, 23 Januari 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Konten mengenai kondisi alam dan masyarakat Indonesia dalam mata pelajaran geografi dinilai sangat minim. Padahal, melalui pelajaran ini materi mitigasi bencana sangat efektif untuk diberikan kepada siswa.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Ikatan Geografi Indonesia Hartono ketika berkunjung ke Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Selasa (22/1/2019). Turut serta dalam kunjungan itu perwakilan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Geografi, Perkumpulan Profesi Pendidikan Geografi Indonesia, dan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Hartono mengatakan, geografi adalah pelajaran yang mendidik masyarakat mengenai lingkungan alam dan sosial mereka. Tujuannya agar manusia bisa beradaptasi dan melakukan mitigasi terhadap bencana alam, sosial, dan teknologi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR–Suasana pertemuan pakar geografi Indonesia dengan pihak Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

“Isi pelajaran geografi hanya definisi bencana, tetapi minim penjelasan sebab dan akibat bencana alam maupun bencana akibat perbuatan manusia yang tidak pandai mengelola lingkungan,” tuturnya.

Isi pelajaran geografi hanya definisi bencana, tetapi minim penjelasan sebab dan akibat bencana alam maupun bencana akibat perbuatan manusia.

Melalui penjelasan yang komprehensif siswa bisa diajak menganalisa risiko bencana yang ada di sekitar mereka dan mengembangkan gagasan mitigasi. Cara itu selain membuka wawasan mengenai tata kelola alam dan dinamika sosial, juga membangun kepedulian siswa terhadap Tanah Air dan masyarakatnya.

Metode ini mengembangkan pemikiran kritis siswa untuk menganalisa kebijakan tata kelola lingkungan dan masyarakat yang bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan. “Misalnya, di Bandung ada aturan di atas ketinggian 700 meter tidak boleh mendirikan bangunan. Kenyataannya, lereng bukit dipenuhi perumahan yang mengakibatkan tidak tertampungnya air hujan sehingga menimbulkan banjir dan longsor,” kata Hartono.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ada 1.999 kejadian bencana sepanjang tahun 2018. Diperkirakan, tahun 2019 akan ada 2.500 kejadian. Artinya, pemberian pendidikan mitigasi bencana kepada masyarakat mendesak dilakukan.

Guru Besar Geografi Universitas Pendidikan Indonesia Enok Maryani memaparkan, siswa ke depan ketika menjadi mahasiswa maupun profesional akan sukar mengembangkan inovasi sains dan sosial apabila tidak memiliki pemahaman mengenai alam dan manusia Indonesia. Butuh pendidikan yang sistematis, terutama dalam mengenalkan konsep kebencanaan dalam pelajaran sehari-hari karena apabila hanya mengandalkan proyek dan program pemerintah tidak akan berkesinambungan.

Siswa ke depan ketika menjadi mahasiswa maupun profesional akan sukar mengembangkan inovasi sains dan sosial apabila tidak memiliki pemahaman mengenai alam dan manusia Indonesia.

Semua level
Para ahli geografi memberi rekomendasi untuk memberi materi geografi, terutama mitigasi bencana untuk semua level sekolah. Fokus mengenai kebencanaan harus masuk di level SMP dan terus berlanjut ke level SMA, terlepas jurusannya Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, juga SMK. Hal ini karena wawasan kebencanaan mutlak diketahui masyarakat guna bisa bertahan hidup dan menciptakan sistem kehidupan yang adaptif terhadap risiko bencana.

“Guru-guru IPA dan IPS bisa mengulas materi kebencanaan karena sudah tercakup dalam pendidikan mereka,” kata Geograf dari Universitas Negeri Semarang Juhadi. Akan tetapi, mereka membutuhkan payung hukum, minimal peraturan menteri untuk mewajibkan pengajaran mitigasi bencana di sekolah. Tanpa ada payung hukum, sukar mengharapkan sekolah melakukan inisiatif secara masif.

Kepala Puskurbuk Kemdikbud Awaluddin Tjalla mengatakan sudah ada 16 modul pendidikan kebencanaan untuk SD hingga SMA, Namun ia mengakui modul-modul itu sukar diedarkan karena umumnya hanya sampai di dinas-dinas pendidikan dan tidak sampai ke sekolah. “Harus ada pendekatan dari sektor informal dan non formal seperti pendidikan masyarakat maupun kelompok belajar,” tuturnya. (DNE)–LARASWATI ARIADNE ANWAR

Editor YOVITA ARIKA

Sumber: Kompas, 23 Januari 2019

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel
Seberapa Penting Penghargaan Nobel?
Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024
Ilmuwan Dapat Nobel Kimia Usai Pecahkan Misteri Protein Pakai AI
Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin
Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Berita ini 2 kali dibaca

Informasi terkait

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:50 WIB

Daftar Peraih Nobel 2024 beserta Karyanya, Ada Bapak AI-Novelis Asal Korsel

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:46 WIB

Seberapa Penting Penghargaan Nobel?

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:41 WIB

Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:31 WIB

Ilmuwan Dapat Nobel Kimia Usai Pecahkan Misteri Protein Pakai AI

Senin, 21 Oktober 2024 - 10:22 WIB

Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin

Berita Terbaru

Berita

Seberapa Penting Penghargaan Nobel?

Senin, 21 Okt 2024 - 10:46 WIB

Berita

Mengenal MicroRNA, Penemuan Peraih Nobel Kesehatan 2024

Senin, 21 Okt 2024 - 10:41 WIB

Berita

Hadiah Nobel Fisika 2024 bagi Pionir Pembelajaran Mesin

Senin, 21 Okt 2024 - 10:22 WIB