Tanggul Laut Jakarta; Pemerintah Mengklaim Risikonya Sudah Diperhitungkan

- Editor

Selasa, 7 Oktober 2014

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemerintah menyatakan, risiko lingkungan dan sosial rencana pembangunan tanggul laut raksasa di Jakarta sudah diperhitungkan. Namun, sejumlah ahli menyangsikan proyek itu berguna memitigasi bencana, bahkan sebaliknya akan membawa bencana baru.

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad, di Jakarta, Senin (6/10), mengatakan, proyek tanggul laut raksasa itu untuk mengatasi rob dan reklamasi berupa pembuatan pulau-pulau buatan. Pembangunan tanggul laut raksasa Jakarta akan dimulai 9 Oktober 2014 dengan peletakan batu pertama di depan Waduk Pluit. ”Disepakati, fase pertama dibangun tanggul laut sepanjang 32 kilometer. Selain itu, akan dibangun 17 pulau buatan (reklamasi),” katanya.

Tanggul 32 km dengan sumber dana pemerintah (Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) itu sepanjang 8 km di antaranya diperkirakan butuh dana Rp 3,5 triliun. Sisanya tanggung jawab pihak swasta yang mendapat konsesi pembangunan 17 pulau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sudirman mengatakan, fase pertama diakomodasi dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Jakarta. ”Artinya, desainnya sudah diintegrasikan dengan 13 muara sungai yang bermuara di Teluk Jakarta, termasuk diperhitungkan risiko lingkungan dan sosialnya. Kami memakai ahli-ahli dari Belanda,” katanya. ”Untuk fase kedua yang nilai proyeknya Rp 400 triliun hingga Rp 500 triliun masih jangka panjang. Fase ketiga masih diperdebatkan.”

Menurut Sudirman, tujuan akhir proyek itu untuk menanggulangi rob. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan lahan yang meningkat.

Reklamasi
Namun, Ketua Kelompok Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) Muslim Muin mengingatkan, proyek itu punya risiko lingkungan sangat besar. Ia meragukan proyek itu untuk menanggulangi risiko bencana. ”Saya lihat tujuan utamanya mendapat lahan melalui reklamasi. Jangan menggunakan istilah penanggulangan bencana karena justru proyek ini bisa membawa bencana baru,” katanya.

Menurut Muslim, jika tanggul laut Belanda yang jadi acuan, kondisi alamnya sangat berbeda. ”Belanda memang menghadapi ancaman badai laut sehingga butuh tanggul raksasa. Namun, di Belanda tidak ada 13 sungai seperti Teluk Jakarta. Perlu diingat juga, Belanda harus terus memompa air laut di dalam tanggul. Bagaimana dengan biaya memompa air ini?” katanya.

Menurut Muslim, pihaknya sudah menyampaikan risiko pembangunan tanggul laut itu setahun lalu.

Pendapat senada disampaikan ahli kelautan dari Badan Pengkajian dan Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPDP-BPPT) Widjo Kongko. Berdasarkan kajian yang dilakukan lembaganya setahun lalu, risiko penurunan kualitas air di dalam tanggul amat tinggi.

Tanggul itu juga berpotensi memperparah banjir Jakarta dan menyebabkan ketergantungan sangat tinggi terhadap pemompaan sepanjang tahun. Seperti Muslim, kata Widjo, lembaganya resmi menyampaikan masukan terkait dengan risiko pembangunan itu sejak setahun lalu. ”Sudah beberapa kali dalam diskusi bersama Menko Ekonomi dan pihak terkait, termasuk Pemprov DKI,” katanya. (AIK)

Sumber: Kompas, 7 Oktober 2014

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 5 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB