Home » Berita, kilas

Wahana Berawak Tiongkok Shenzhou 11 Diluncurkan

18 October 2016 99 views No Comment

Tiongkok kembali meluncurkan dua antariksawannya ke luar angkasa memakai wahana Shenzhou 11, Senin (17/10). Shenzhou 11 diluncurkan memakai roket Long March-2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, Provinsi Gansu, utara Tiongkok, pukul 07.30 waktu setempat. Dua antariksawan Tiongkok alias taikonaut itu ialah Jing Haipeng (49) dan Chen Dong (37).

Tujuan keduanya adalah stasiun luar angkasa milik Tiongkok, Tiangong 2. Mereka butuh dua hari mencapai Tiangong dan ada di laboratorium sebulan untuk meneliti pertumbuhan tanaman di luar angkasa dan menganalisis kinerja tubuh mereka dengan suara ultra. Tiongkok jadi negara ketiga setelah Rusia dan Amerika Serikat yang membangun stasiun luar angkasa mandiri. Tiangong yang artinya Istana Kahyangan versi 2 diluncurkan September lalu dan ditargetkan selesai pembangunannya pada 2020. Presiden Tiongkok Xi Jinping berharap misi itu memajukan jelajah luar angkasa Tiongkok. (BBC/MZW)

655be88536b94f9f9a0c30c49686289cREUTERS/CHINA DAILY–Shenzhou 11 pesawat luar angkasa Tiongkok meluncur membawa dua astronot, Jing Haipeng dan Chen Dong, dari Bandar Antariksa Jiuquan, Senin (17/10). Misi itu menyejajarkan Tiongkok dengan Amerika Serikat dan Rusia dalam mengirim misi luar angkasa secara mandiri. Mereka akan bereksperimen di Stasiun Luar Angkasa Tiongkok selama 30 hari.
——————
Gempa M 6,5 Guncang Papua Niugini

Gempa berkekuatan M 6,5 mengguncang wilayah laut di New Britain, Papua Niugini, Senin (17/10), pukul 13.15 WIB. Gempa yang terdeteksi sensor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika itu pada koordinat 6,11 LS dan 148,81 BT, kedalaman 75 kilometer. Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono mengatakan, meski pusat gempa di laut dan punya mekanisme sesar naik, karena hiposenternya di kedalaman menengah, maka tak berpotensi tsunami. “Gempa ini diakibatkan aktivitas subduksi lempeng,” kata Daryono. Kawasan di zona subduksi lempeng itu berulang kali dilanda tsunami dan berpotensi mencapai wilayah Indonesia. Tsunami yang terakhir kali di kawasan tersebut terjadi pada 30 Maret 2015 yang dipicu gempa M 7,5. (AIK)
———-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Oktober 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.
————————

Dua Wahana dalam Misi ExoMars Berpisah

Proyek riset astrobiologi di planet Mars “ExoMars 2016”, kerja sama Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Antariksa Federal Rusia (Roscosmos) memasuki babak baru. Dua wahana dalam misi, Trace Gas Orbiter (TGO) dan Schiaparelli, berpisah pada Minggu (16/10) pukul 21.42 WIB setelah menempuh jarak 496 juta kilometer dari Bumi (jarak terjauh Bumi-Mars 225 juta km). “Perpisahan TGO dan Schiaparelli berjalan mulus,” kata Direktur Penerbangan ExoMars Michel Dennis dari ruang pengendali misi di Darmstadt, Jerman, Minggu. Misi itu diluncurkan dengan roket Rusia Proton pada 14 Maret lalu. Selanjutnya, TGO yang bertugas mencari cadangan air dan gas hasil proses biologi dan geologi di atmosfer Mars menuju orbitnya. Schiaparelli menuju Mars di wilayah Meridiani Planum untuk menguji teknologi guna pendaratan wahana dan pendirian stasiun riset di Mars pada 2020. (SPACE/ESA/MZW)
—————-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Oktober 2016, di halaman 14 dengan judul “Kilas Iptek”.

FacebookTwitterWhatsAppLineTelegramGoogle+Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.