Home » Berita

UI Peringkat Keenam Terbaik Asia Tenggara

17 May 2010 716 views No Comment

Pada semester pertama 2010, Universitas Indonesia (UI) mengharumkan nama bangsa. Kampus jaket kuning itu masuk jajaran elite enam besar universitas di Asia Tenggara (Asteng). UI juga menempati peringkat ke-50 perguruan tinggi terbaik di Asia.

”Peringkat ini berdasar penilaian yang dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia pada 13 Mei 2010,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono di Depok kemarin (16/5).

Menurut dia, sebagai universitas terbaik di negeri ini, UI mengungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia. Misalnya, National Taiwan University of Science and Technology (peringkat ke-56), University Kebangsaan Malaysia (ke-58), dan Tokyo Metropolitan University (ke-64).

Selain UI, Indonesia patut berbangga karena lima perguruan tinggi terbaiknya juga masuk kriteria penilaian. Di antaranya, Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat ke-85, Unair ranking ke-109, ITB peringkat ke-113, dan IPB ke-119.

Vishnu menyebutkan, penilaian peringkat perguruan tinggi itu berdasar empat kriteria utama. Yakni, research quality (kualitas penelitian), teaching quality (kualitas pengajaran), graduate employability (tingkat pekerjaan lulusan), dan internasionalisasi. Untuk ranking per subjek, kata Vishnu, hasil yang diperoleh UI sebagai berikut. Untuk bidang humaniora dan seni, UI berada di peringkat ke-18, sains dan biomedis (ke-27), natural sciences (ke-44), social sciences (ke-23), IT dan engineering (ke-50).

Dia mengatakan, pencapaian standar internasional itu didukung pula dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang internasional. Di antaranya adalah mahasiswa FKG UI yang menjadi juara I scientific research competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA). Mahasiswa FH UI berhasil menjadi 1st Runner-up International Maritime Law Arbitration Moot di Brisbane. Selain itu, UI meraih sertifikasi International Organizations for Standardization (ISO) 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu (QSM). ”Ini sesuai dengan visi UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia,” terangnya. (zul/agm)

Sumber: Jawa Pos, 17 Mei 2010

Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.