Home » Berita

Putu Maitri, Peraih Nilai Unas Tertinggi Nasional untuk SMA

23 May 2011 971 views One Comment

Jelang Hari H, Belajar sejak Pukul 7 Pagi hingga 6 Sore

Prestasi yang diraih Ni Putu Maitri Nara Suari ini membanggakan Bali. Bagaimana tidak, nilai ujian nasional (unas) Maitri tertinggi se-Indonesia, 59,00. Jika dirata-rata untuk enam mata pelajaran yang diunaskan, nilainya 9,8. Bahkan, untuk empat di antara enam mata pelajaran itu, dia mendapatkan nilai 10.

KADEK MERTAWAN, Denpasar

MAITRI sebelumnya tak menyangka dengan nilai yang diraihnya. ”Saya memang yakin akan lulus dengan nilai memuaskan. Tapi, saya tidak menduga bahwa saya mendapatkan nilai ujian tertinggi tingkat nasional,” kata perempuan kelahiran 9 Februari 1993 itu kemarin (22/5).

Berkat prestasi tersebut, siswi SMAN 4 Denpasar itu diundang ke Jakarta. Nilai rata-rata Maitri hampir sempurna, 9,8. Di empat mata pelajaran, yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi, dia mendapatkan nilai 10.

Ditanya soal resepnya sehingga berhasil meraih nilai tertinggi, Maitri menyatakan bahwa waktu belajarnya menjelang unas memang lebih banyak daripada hari-hari biasa. ”Tip khusus belajar sih nggak ada. Sebab, sejak kelas satu, kami digenjot guru di sekolah,” ujarnya. Selain belajar di sekolah, Maitri selalu menyempatkan diri membaca buku pelajaran di rumah. ”Mungkin memang sudah hobi saya membaca sehingga saya tidak bosan belajar,” katanya.

Soal belajar, tutur Maitri, orang tuanya tak pernah menyuruh. ”Saya sudah terbiasa belajar tanpa disuruh ortu (orang tua, Red),” jelasnya.

Meskipun telah menjadi peraih nilai tertinggi unas, Maitri belum mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Baik berupa piagam penghargaan ataupun tawaran melanjutkan pendidikan ke universitas. Kalaupun diundang ke Jakarta, dia hanya menghadiri serangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Meski belum ada tawaran dari pemerintah, Maitri menyatakan sudah lega. Sebab, dia sudah diterima di Sekolah Pendidikan Akuntansi BCA di Jakarta. Bahkan, dia sudah pasti masuk di sekolah tersebut. Menjadi akuntan memang cita-cita Maitri sejak kecil.

Selain pintar di bidang akademis, Maitri berprestasi di bidang lain. Pada 2010, dia meraih peringkat I Lomba Karya Tulis Ilmiah Telkom. Pada tahun yang sama, dia juga mendapatkan penghargaan dari UNICEF sebagai pemimpin muda. Itu adalah buah keaktifannya di Forum Anak Daerah Bali. Juara I karya tulis ilmiah juga dia raih dari Universitas Airlangga, Surabaya, pada 2009.

Soal cita-cita, selain ingin menjadi akuntan, putri pertama pasangan I Made Jano Artika dan Ni Ketut Sri Wahyuni itu ingin mendirikan sekolah gratis. Sebab, terang dia, pendidikan di Indonesia saat ini sangat belum merata. ”Apalagi kualitas hidup di Indonesia saat ini sangat ditentukan oleh pendidikan,” ujarnya.

”Bahkan, masih banyak saudara kita yang tidak bisa bersekolah karena pendidikan di Indonesia cenderung mahal. Karena itu, saya ingin membantu mereka yang tidak bisa menempuh pendidikan. Ya seperti Kak Seto (Seto Mulyadi, Red) lah,” imbuhnya.

Unas SMA tahun ini boleh dibilang memang menjadi ”milik” Bali. Khususnya SMAN 4 Denpasar. Bagaimana tidak, empat murid SMA itu meraih nilai unas tertinggi secara nasional. Total nilai dua di antara empat murid tersebut kembar, yakni 59,00.

Mereka adalah Maitri dan Anak Agung Indah Suadnyani. Dua murid lain adalah Luh Gede Ayu Putri Vebriany yang meraih nilai 58,90 dan Made Cindy Widya Murthi yang mendapatkan nilai 58,80. Dua nama terakhir berada di urutan kedua dan ketiga nasional.

Beberapa peringkat berikutnya juga disabet murid SMA tersebut. Yakni, Putu Stephanie Apriliana Hardika dengan nilai 57,90, Ika Agustini (57,80), Made Caudy Widya Murthi (57,70), dan Ayu Dwi Handayani (57,70).

Maitri mengatakan, menjelang unas, pihak sekolah memang menggenjot murid-murid secara intensif. Diceritakan, waktu belajarnya dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 18.00. Pukul 07.00–13.00 Wita adalah waktu belajar di sekolah. Selanjutnya, mulai pukul 15.00 hingga 18.00, pihak sekolah mengadakan pemantapan materi pelajaran. (yes/jpnn/c11/kum)

Sumber: jpnn, Senin, 23 Mei 2011 , 08:08:00

Share

One Comment »

  • bunga said:

    Selamat bagi daerah Bali Khusus SMUN 4 Denpasar menpunyai Putra putri yang sangat Pintar dan supaya menjadi kebanggaan indonesia.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.