Home » Artikel, Pangan

Membuat Youghourt

8 November 2016 61 views No Comment

Youghourt atau susu asam adalah hasil olahan dari fermentasi susu yang berkonsitensi cair padat. Bahan utamanya adalah susu kental atau yang dikentalkan, sedang bakteri asam susu yang aktif dalam pembuatan youghourt adalah Lactobacilus bulgaricusm, Lactobacilus acidophillus dan Sreptococcus thermophillus yang dapat aktif-pada suhu 45-47 derajat celcius.

Karena Youghourt merupakan hasil aktifitas mikroba maka susu yang dipergunakan sebagai bahan mentah harus steril (dimasak betul) supaya tidak terkontaminasi/ditumbuhi oleh mikroba-mikroba yang tidak dikehendaki. Youghourt yang baik harus memenuhi syarat sbb; warna, bau, rasa dan konsistensi tidak berubah.

Keistimewaan
Youghourt cukup baik sebagai makanan pelengkap karena mempunyai kalori rendah dan protein cukup tinggi serta kadar lemak rendah dibanding susu segar (sapi). Berikut ini disajikan Tabel perbandingan nilai gizi antara susu sapi dan Youghourt.

Bowl with yoghurt

Bowl with yoghurt

Menurut beberapa ahli. Youghourt mempunyai khasiat dapat memperpanjang umur bagi orang yang biasa mengkonsumsinya. Youghourt ,merupakan pabrik dari bakteri yang memproduksi vitamin B untuk keperluan tubuh mahusia. Youghourt dapat berguna bagi penderita kanker karena dapat menyajikan gizi yang berguna bagi hati. Youghourt lebih mudah dicerna dalam perut dibandingkan susu biasa. Kadar kolesterol di dalam darah dapat diturunkan dengan konsumsi Youghourt, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Yonghourt mempunyai kandungan protein lebih tinggi
dibanding susu sapi tetapi mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah, hal ini sangat bermanfaat bagi-orang yang melakukan diit.

Demikian besar manfaat dari pada Youghourt bagi tubuh manusia, namun konsumsi Youghourt ini dinegara kita masih perlu ditingkatkan. karena diperkirakan masih rendah dibandingkan dengan konsumsi Youghourt di negara-negara maju. Konsumsi Youghourt per kapita per tahun di Perancis lebih kurang 6.1 Kg. Switzerland 7.5 Kg dan Belanda 13.7 Kg. Beberapa tahun belakangan ini di Indonesia Youghourt semakin populer terutama di kota kota besar a.l. Bandung, Jakarta dan Bogor.

Cara Pembuatan
Siapkan satu liter air matang, tambahkan dua ratus gram susu bubuk (instant) dan panaskan pada temperatur lebih kurang 60 derajat Celsius, selama 15 menit. Kemudian dinginkan sampai suhu lebih kurang 45 derajat Celcius. Tambahkan bibit Yonghourt (Plain Youghourt) lima puluh cc sambil diaduk hingga merata (Bibit Youghourt ini bisa di beli di supermarket). Untuk memperoleh cita rasa dapat ditambahkan gula dan essence sesuai selera, kira-kira tujuh sendok teh gula pasir dan dua sendok makan essence setiap satu liter susu. Jika menginginkan Yoghourt “natural” tidak perlu ditambahkan gula maupun essence. Campuran tersebut kemudian masukkan ke dalam gelas hingga mencapai tiga per empat volume dari gelas. Kemudian gelas ditutup rapat-rapat. Selanjutnya inkubasikan dengan alat inkubator dengan suhu kira-kira 45 derajat Celsius selama 4 sampai 8 jam. Kalau tidak mempunyai incubator, campuran tersebut dapat disimpan (diinkubasi) pada suhu kamar misalnya ditaruh di dalam almari selama 24 jam. Youghourt yang sudah jadi dapat disimpan di dalam kulkas, bisa bertahan selama 12 hari. Atau dapat disimpan dalam suhu kamar bisa bertahan selama 2 hari. Silahkan Mencoba.

Dra Nanik Heru Suprapti, Biologi MIPA Undip

PERBANDINGAN NILAI GIZI ANTARA SUSU SAPI DAN YOUGHOURT

Macam zat gizi Susu sapi Youghourt
KaIori(kal) 61 52
Protein (g) 3,2 3,3
Lemak (g) 3,5 2,5
Karbohidrat (g) 4,3 4,0
Kalsium (mg) 143 120
Fosfor (mg) 60 90
Besi (mg) 1.7 0.1
Nilai Vit. A (S.I.) (130) 73
Vit. B 1 (mg) 0.03 0.04
Vit. C(mg) (1) 0
Air (g) 88.3 88
b.d.d. (“”) 100 100

Sumber: Suara Merdeka (tanpa tanggal)

FacebookTwitterWhatsAppLineTelegramGoogle+Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.