Home » Artikel, kesehatan

Manfaat Pisang Raja

31 December 1988 85 views No Comment

Kalau dikaji, pisang mengandung zat-zat kimia tertentu, yang sampai kini belum dikenal yang bisa mencegah borok lambung binatang pengerat dan meredakan borok lambung yang sudah terbentuk. Demikan hasil penelitian para ilmuwan di Universitas Aston, Inggris, dan Universitas Hindu Baranas, India. Kelompok di Aston berhasil menyarikan senyawa antiborok lambung aktif dari contoh bubuk pisang yang dikirim dari India. Hasil akhirnya 300 kali lebih aktif daripada bubuk pisang aslinya.

Dinding perut diselimuti lapisan lender yang dilepaskan dari sel-sel kelenjar lendir perut. Kalau lendir perut itu rusak akibat obat atau penyakit, getah lambung bisa menyerang dan mengikis sel-sel yang tak terlindungi itu, mengakibatkan terbentuknya borok lambung.

Kelompok Aston menemukan perkembangan sel-sel lendir dirangsang setelah diberikan zat-zat kimia aktif tertentu. Sel-sel baru ini menghasilkan lebih banyak lendir sehingga mempertahankan ketebalan penghalang pelindung itu. Kalau borok sudah terbentuk, lendir itu akan mengalir ke dalam lubang borok dan menutupnya dari kemungkinan serangan getah lambung lebih lanjut. Prof Sanyal di India mencoba terapi bubuk pisang ini pada manusia setiap hari, sebagai bagian dari terapi itu, diberikan 4 gram bubuk pisang.

Namun tak semua pisang memiliki sifat antiborok ini. Kelompok Aston menguji pisang-pisang di toko-toko terdekat, tetapi gagal menemukannya. Pisang yang matang atau sudah dimasak juga tak memiliki sifat ini. Ternyata yang terbaik adalah pisang raja mentah yang dipetik 5 minggu sebelum matang dan kemudian dibubukkan.

Kelompok Aston kini sedang berusaha mengidentifikasi senyawa aktif supaya bisa dijual luas sebagai obat konvensional. Orang India itu, sebaliknya sedang mempertimbangkan untuk memeasarkan bubuk itu sendiri bila tes berikutnya membuktikan hasil yang sama menjurnya. (High Technology-Yadi WS, pecinta masalah teknologi)

Sumber: Kompas, 31 Desember 1988

FacebookTwitterWhatsAppLineTelegramGoogle+Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.