Lindungi Anak dan Remaja dari Iklan Rokok

- Editor

Rabu, 1 Juni 2016

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dampak Multidimensi Perlu Diantisipasi
Industri rokok menyasar anak, remaja, dan anak muda untuk melanggengkan bisnisnya. Mereka menyembunyikan fakta bahaya rokok melalui iklan. Karena itu, sudah saatnya iklan rokok ditiadakan dan peringatan kesehatan bergambar di bungkus rokok diperbesar.

“Tidak ada alasan negara kalah dari industri rokok. Pemerintah harus tegas pada industri rokok, jangan kalah,” kata Arist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, pada puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), Selasa (31/5), di Jakarta.

Arist mengatakan, rokok adalah produk legal yang berbahaya, tetapi masih boleh diiklankan. Iklan rokok jelas menyasar anak dan remaja. Karena itu, iklan rokok seharusnya ditiadakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dosen komunikasi dari Universitas Indonesia, Nina Mutmainnah, memaparkan, iklan rokok bermain di alam bawah sadar. Menampilkan citra bagus, baik, keren, anak muda banget, iklan rokok banyak versi ditayangkan berulang kali di televisi. Itu secara tak sadar membentuk persepsi bahwa rokok adalah produk normal. “Cara melindungi anak dan remaja dari iklan rokok ialah melarang iklan rokok,” ujarnya.

Mudah dibeli
Hasna Pradityas (25) dari Smoke-Free Agents mengatakan, rokok mudah dibeli. Selain karena bisa dibeli di warung-warung dekat perumahan, harga rokok juga relatif murah.

Lingkungan juga berpengaruh terhadap perilaku merokok. Iklan rokok yang bertebaran di mana-mana, bahkan di depan gerbang sekolah, berkontribusi pada bertambahnya perokok pemula.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif menekankan, kemauan negara untuk melindungi warganya dari bahaya rokok harus lebih tampak. “Kematian, kesakitan, dan kemiskinan akibat rokok jadi fakta di depan mata,” ujarnya.

Namun, Kementerian Perindustrian justru menargetkan produksi rokok tumbuh 5-7,4 persen per tahun pada peta jalan industri hasil tembakau. Jadi, pada 2020 produksi rokok akan mencapai 524,2 miliar batang. “Pemerintah seharusnya mengatur industri rokok, bukan sebaliknya,” ujar Abdillah Ahsan, Wakil Ketua Lembaga Demografi Universitas Indonesia.

e92ac003705342b48a21ba4e7e4a80e9Sharad Adhikary, perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia, menambahkan, upaya pengendalian tembakau perlu kebijakan kuat dan sikap pemerintah yang tegas. Di Indonesia, WHO terus mendukung usaha memperbesar ukuran peringatan kesehatan bergambar di bungkus rokok serta larangan iklan dan promosi rokok.

Menurut Nina, peringatan bergambar di bungkus rokok merupakan upaya mendenormalisasi rokok yang selama ini dicitrakan sebagai produk normal.

Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan M Subuh menegaskan, rokok berdampak multidimensi. Rokok berdampak buruk bagi kesehatan, sosial, ekonomi, dan lingkungan. “Rokok jadi faktor kedua terbesar berkontribusi pada kemiskinan setelah bahan pangan pokok,” katanya.

Untuk itu, saatnya masyarakat disadarkan, rokok ialah produk berbahaya yang bisa memicu kecanduan. “Harga rokok murah dan akses yang mudah menyebabkan banyak anak dan remaja merokok,” ujarnya. (ADH/C03)
—————–
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 1 Juni 2016, di halaman 14 dengan judul “Lindungi Anak dan Remaja dari Iklan Rokok”.

Yuk kasih komentar pakai facebook mu yang keren

Informasi terkait

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?
Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia
Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN
Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten
Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker
Lulus Predikat Cumlaude, Petrus Kasihiw Resmi Sandang Gelar Doktor Tercepat
Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel
Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina
Berita ini 6 kali dibaca

Informasi terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:17 WIB

Tak Wajib Publikasi di Jurnal Scopus, Berapa Jurnal Ilmiah yang Harus Dicapai Dosen untuk Angka Kredit?

Rabu, 24 April 2024 - 16:13 WIB

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 April 2024 - 16:09 WIB

Siap Diuji Coba, Begini Cara Kerja Internet Starlink di IKN

Rabu, 24 April 2024 - 13:24 WIB

Riset Kulit Jeruk untuk Kanker & Tumor, Alumnus Sarjana Terapan Undip Dapat 3 Paten

Rabu, 24 April 2024 - 13:20 WIB

Ramai soal Lulusan S2 Disebut Susah Dapat Kerja, Ini Kata Kemenaker

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

Kemendikbudristek Kirim 17 Rektor PTN untuk Ikut Pelatihan di Korsel

Rabu, 24 April 2024 - 13:01 WIB

Ini Beda Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Versi Jepang dan Cina

Rabu, 24 April 2024 - 12:57 WIB

Soal Polemik Publikasi Ilmiah, Kumba Digdowiseiso Minta Semua Pihak Objektif

Berita Terbaru

Tim Gamaforce Universitas Gadjah Mada menerbangkan karya mereka yang memenangi Kontes Robot Terbang Indonesia di Lapangan Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat (7/12/2018). Tim yang terdiri dari mahasiswa UGM dari berbagai jurusan itu dibentuk tahun 2013 dan menjadi wadah pengembangan kemampuan para anggotanya dalam pengembangan teknologi robot terbang.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)
07-12-2018

Berita

Empat Bidang Ilmu FEB UGM Masuk Peringkat 178-250 Dunia

Rabu, 24 Apr 2024 - 16:13 WIB