Home » Berita, konservasi

Begonia Jenis Baru di Kebun Raya Bali

21 November 2016 59 views No Comment

Koleksi tanaman begonia di Indonesia, khususnya di Kebun Raya Eka Karya Bali di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, bertambah jenis. Hal itu menyusul penemuan jenis baru dari kawasan Taman Nasional Manusela di Pulau Seram, Maluku.

Begonia yang ditemukan di kawasan Taman Nasional Manusela dinamai Begonia nephrophylla. Nama begonia jenis baru itu, menurut peneliti di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya, Ni Kadek Erosi Undaharta, Sabtu (19/11), mengacu bentuk daunnya yang menyerupai ginjal. Nephrophylla dari bahasa Yunani, yakni nephros atau ginjal dan phyllus atau daun.

Kebun Raya Bali mempunyai Taman Begonia untuk pusat konservasi tumbuhan di luar habitat aslinya. Koleksi Taman Begonia lebih dari 300 jenis begonia, baik jenis alam atau spesies liar maupun eksotik atau hasil persilangan, dari Indonesia dan luar negeri. Dengan keberagaman koleksi itu, Taman Begonia Kebun Raya Bali paling lengkap.

Begonia jenis baru itu hasil eksplorasi tim peneliti dari Kebun Raya Eka Karya dan Kebun Raya Bogor di kawasan Taman Nasional Manusela pada September 2010. Setelah melalui tahap identifikasi dan konsultasi dengan peneliti ahli begonia dan pencocokan koleksi herbarium dunia, begonia jenis baru dari Maluku itu dipublikasikan Undaharta dan Wisnu H Ardi (peneliti di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI Bogor) sebagai Begonia nephrophylla dalam jurnal internasional Gardens’ Bulletin Singapore 68 (2) bulan November 2016.

Penemuan dan pengidentifikasian begonia jenis baru itu juga menambah jenis begonia endemik Pulau Seram, Maluku, yang sudah diidentifikasi. Laman LIPI menyebut, ada empat jenis begonia yang ditemukan di Pulau Seram.

koleksi-begonia-di-kebun-raya-baliDua jenis di antaranya, Begonia galeolepis dan Begonia manuselaensis, adalah jenis endemik di Pulau Seram yang diidentifikasi 2015. Adapun dua jenis lainnya, Begonia aptera dan Begonia rieckei, dinyatakan memiliki sebaran luas dan tidak hanya di Pulau Seram. Dengan diidentifikasikannya Begonia nephrophylla, ada sembilan jenis begonia berasal dari Maluku.

Undaharta menambahkan, begonia lebih dikenal sebagai tanaman hias dengan corak dan warna serta ciri spesifik, yakni helai daun tidak simetris. Beberapa jenis begonia juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat ataupun sayur. Bahkan, ada yang meredakan demam. (COK/JOG)
——-
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 November 2016, di halaman 12 dengan judul “Begonia Jenis Baru di Kebun Raya Bali”.

FacebookTwitterWhatsAppLineTelegramGoogle+Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.