Home » Berita, Internet

Agustus 2016, Yahoo Messenger Versi Lama Berhenti Beroperasi

15 June 2016 238 views No Comment

Masih setia menggunakan Yahoo Messenger versi lama di desktop? Software chatting lawas yang sudah beredar selama belasan tahun itu bakal tak bisa lagi digunakan dalam beberapa bulan ke depan.

Hal tersebut diungkapkan lewat sebuah pengumuman yang ditulis Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon, akhir pekan ini.

“Kami tak akan lagi mendukung platform lama mulai Agustus 2016. Kami akan berfokus pada Messenger yang baru untuk memberikan pengalaman terbaik ke pengguna,” tulis Maimon.

Artinya, aplikasi Yahoo messenger versi lama di semua platform (Windows, Mac, Android, dan iOS) akan berhenti beroperasi alias tidak bisa dipakai untuk chatting pada tanggal yang disebutkan oleh Maimon.

Layanan Yahoo Messenger sendiri bakal tetap bisa digunakan, tapi pengguna harus menggunakan aplikasi Messenger versi baru yang diperkenalkan pada Desember 2015 lalu.

yahoo-messengerTampilan Yahoo Messenger versi lama

Aplikasi Yahoo Messenger baru tersebut sudah bisa diunduh di toko aplikasi masing-masing platform. Pengguna desktop untuk sementara belum kebagian aplikasi Yahoo Messenger versi baru yang masih dalam proses pembuatan.

Sebagai gantinya, pengguna desktop bisa mengakses Yahoo Messenger via browser dengan mengunjungi alamat messenger.yahoo.com atau membuka chatting langsung dari dalam Yahoo Mail.

Aplikasi Yahoo Messenger versi lawas yang selama ini akrab dengan pengguna komputer pertama kali meluncur tahun 1998 dengan nama “Yahoo Pager”.

Selain Yahoo Messenger versi lawas, Yahoo juga menghentikan dukungan terhadap layanan Yahoo Recommends, sebuah widget untuk menambahkan konten-konten yang relevan di werbsite, pada 1 September mendatang.

Editor : Deliusno

Oik Yusuf

Sumber: Kompas Tekno, Senin, 13 Juni 2016

————–

Yahoo Messenger Ditutup per Agustus 2016

Setelah malang melintang selama 18 tahun, akhirnya Yahoo resmi menutup layanan pesan instannya, yaitu Yahoo Messenger atau lebih akrab disapa YM. Tapi tunggu dulu, bukan berarti layanan pesan instan lni benar-benar gulung tikar.

Yahoo menutup YM karena mereka ingin menggantinya dengan layanan baru yang diklaim lebih menarik dan hadir dengan ragam fitur dan tampilan lebih baik.

Jadi, jika kamu masih menggunakan YM versi lama, lewat aplikasinya sendiri atau dari aplikasi third party, ucapkan selamat tinggal. Karena YM akan benar-benar ditutup mulai 5 Agustus 2016.

Yahoo mengatakan, mereka tengah mempersiapkan ‘Messenger’ versi anyar. Oleh karena itu, mengutip laman Venture Beat, Selasa (14/6/2016), Yahoo mengimbau pengguna agar segera berpindah dari YM sebelum 5 Agustus 2016.

“Kami ingin melanjutkan tujuan kami di mana berfokus pada layanan pesan instan dengan pengalaman percakapan yang lebih baik dan interaktif,” tulis pihak Yahoo.

Messenger baru Yahoo memiliki banyak fitur yang bisa diulik. Mulai dari tampilan yang lebih smooth, fitur unggah foto resolusi tinggi serta menarik pesan yang telah terkirim dan juga hadirnya fitur likes dan unggah gambar GIF.

Jika Anda ingin beralih dari versi YM lama ke Messenger baru, caranya sangat mudah. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store/App Store atau browser melalui laman messenger,yahoo.com.

Yahoo Messenger sendiri sudah begitu melekat di hati penggunanya. Pasalnya, YM hadir pada era di mana belum banyak layanan pesan instan kala itu. Pertama kali diluncurkan, layanan ini dinamai “Yahoo Pager”.

Tak hanya menutup YM, Yahoo juga menghentikan support layanan Yahoo Recommends, yaitu widget yang bisa digunakan untuk menambahkan konten revelan di situs. Dukungan ini akan mulai tidak aktif per 1 September 2016 mendatang.

(Jek/Isk)–Oleh Jeko Iqbal Reza

Sumber: liputan6.com, 14 Jun 2016
———————
Melongok 18 Tahun Perjalanan Yahoo Messenger

Yahoo melakukan perombakan besar terhadap layanan pesan singkatnya, Yahoo Messenger (YM). Perusahaan menutup versi aplikasi lama YM dan menggantinya dengan yang terbaru.

Menurut pengumuman baru dari Yahoo, perusahaan secara resmi menutup versi jadul Messenger. Pengguna mungkin masih bisa mengunduhnya dari beberapa website software, tapi tidak bisa digunakan untuk chating.

Yahoo memberikan waktu bagi para pengguna untuk melakukan transisi ke YM baru sampai Agustus 2016. Setelah itu, YM lama pun benar-benar pensiun. Versi terbaru hadir dalam bentuk aplikasi berbasis website, smartphone dan tetap bisa diakses melalui Yahoo Mail.

Gebrakan terbaru Yahoo itu hadir di tengah persaingan yang kian sengit antar layanan pesan singkat yang ramai dengan pemain baru, termasuk WhatsApp dan Line.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (14/6/2016), Yahoo Messenger sendiri termasuk pemain lama, yang meluncur 18 tahun lalu pada 9 Maret 1998.

Saat itu, layanan tersebut hadir dengan nama Yahoo Pager. YM adalah layanan pesan singkat pertama yang memperkenalkan fitur “Buzzing” dan status musik.

Salah satu fitur terkenal dari YM adalah Yahoo Chat, sebuah ruang chat online gratis khusus bagi pengguna layanan tersebut. Kehadiran Yahoo Chat diumumkan pada 7 Januari 1997, setelah sebelumnya dipastikan akan menjadi salah satu fitur yang akan dimiliki Yahoo Pager saat meluncur.

Yahoo pun menempati janji, dengan merilis fitur Yahoo Chat bersamaan dengan peluncuran Yahoo Pager. Seiring waktu, layanan tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur baru termasuk call, voicemail dan berbagi file, plug-in hingga webcam.

Setelah melalui puluhan tahun perjalanan, Yahoo pun memberikan sentuhan segar untuk layanan itu pada tahun ini.

“Perubahan maksimal ini menyuguhkan pengguna sebuah cara pintar, indah, dan lebih cepat untuk mengirim dan membatalkan kiriman pesan, foto, animasi GIF dan percakapan grup,” ungkap Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon.

(Din/Isk)

Oleh Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com, 14 Jun 2016

——–

18 Tahun Mengudara, Yahoo Messenger Berhenti Beroperasi

Tentu Anda masih ingat software chatting yang biasa ada di desktop, Yahoo Messenger, sangat mempermudah komunikasi jarak jauh pada saat itu.

Dengan tampilan warna yang bisa diubah sesuai keinginan, software ini biasa digunakan untuk mereka yang berhubungan jarak jauh beda pulau, bahkan negara. Sayangnya, sudah 18 tahun mengudara ke seluruh dunia, aplikasi ini dikabarkan akan berhenti beroperasi dalam beberapa waktu ke depan.

Dilansir laman Tech, Selasa (14/6), Chief Architect Yahoo Amotz Maimon mengatakan hal itu pada akhir pekan kemarin. “Mulai Agustus 2016 mendatang, kami tidak akan lagi mendukung platform lama. Kami akan berfokus pada Messenger yang baru,” kata dia.

Dengan itu, semua aplikasi Yahoo Messenger yang terdapat di semua platform seperti Windows, Mac, Android, dan IOS akan berhenti beroperasi per 5 Agustus 2016.

Pengguna bisa mengunduh versi baru dari layanan Yahoo ini yang sudah diperkenalkan pada akhir tahun lalu meski versi desktop masih perlu beberapa pembaharuan sebelum bisa digunakan.

Selain Yahoo Messenger versi lama, Yahoo juga menghentikan dukungan terhadap layanan Yahoo Recommends pada 1 September mendatang.

Red: Winda Destiana Putri

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID, 14 Juni 2016

FacebookTwitterWhatsAppLineTelegramGoogle+Share

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.